Wujudkan Perkeretaapian Yang Handal, Perhatikan Hal Berikut

    7
    BOGOR (Bisnisjakarta)-
    Terus meningkatnya permintaan terhadap transportasi kereta api, menuntut layanan perkeretaapian juga harus ditingkatkan. Dan salah satu cara untuk meningkatkan layanan adalah dengan melakukan koordinasi yang baik antara regulator dan operator perkeretaapian di Indonesia.

    Direktur Prasarana Perkeretaapian Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Heru Wisnu Wibowo di Sentul, Bogor, Kamis (10/10) mengatakan, untuk mewujudkan perkeretaapian yang handal tentunya didukung oleh berbagai aspek, dimana salah satu aspek yang penting adalah prasarana yang digunakan. "Dalam mengelola prasarana dibutuhkan koordinasi dari semua pemangku kepentingan," kata Wisnu.

    Saat pembuka kegiatan Rakornis Bidang Prasarana Perkeretaapian Tahun 2019, Wisnu mengatakan, tujuan dilaksanakannya Rakornis Prasarana Perkeretaapian ini adalah sebagai wadah koordinasi antara regulator dan operator perkeretaapian di Indonesia dalam melaksanakan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.
    Diharapkan dengan koordinasi ini tercipta sinergitas penyelenggaraan prasarana perkeretaapian, sehingga terwujud perkeretaapian yang handal.

    Dikatakan Wisnu, transportasi kereta api sebagai transportasi massal memiliki kelebihan diantaranya dapat mengurangi kemacetan, menekan polusi udara, tepat waktu, dan juga mampu menjawab tuntutan masyarakat modern yang membutuhkan transportasi yang aman dan nyaman.

    Sebagai insan-insan yang berkecimpung di bidang perkeretaapian, baik sebagai Regulator maupun Operator, tanggung jawab, peran aktif dan upaya maksimal dibutuhkan untuk menjawab tantangan terwujudnya perkeretaapian yang handal serta dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

    Menyikapi serta menjawab tantangan dan kebutuhan tersebut, Wisnu mengajak dan berupaya maksimal dalam meningkatkan sinergitas dan kinerja dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan transportasi perkeretaapian yang efektif, efisien dan tepat sasaran sesuai dengan target-target yang telah dietapkan.

    Pada akhirnya semua upaya ini dapat memberikan sumbangsih dalam kemajuan perkeretaapian Indonesia. "Kami berharap rakornis ini dapat menghasilkan kesepakatan dan poin yang nyata, solutif serta dapat diimplementasikan di lapangan," tegas Wisnu. (son)