34 Pemda Terima Hibah Kapl Pelra

    10
    JAKARTA (Bisnisjakarta)- 

    Kementerian Perhubungan kembali menghibahkan sebanyak 37 kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) kepada 34 Pemerintah Daerah baik Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten. Acara penandatanganan berita serah terima hibah kapal dan koordinasi mobilisasi hibah kapal pelayaran rakyat tersebut dilaksanakan secara simbolis bertempat di Jakarta, Jumat (11/10).

    Turut menyaksikan dalam acara tersebut Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R Agus H Purnomo, Gubernur Provinsi Gorontalo Rusli Habibie serta para Bupati Kepala Daerah penerima hibah kapal tersebut.

    Menurut Dirjen Agus, pengadaan kapal Pelra oleh Kementerian Perhubungan dilakukan bertujuan untuk mendukung konektivitas antar daerah di seluruh wilyah Indonesia lebih meningkat sehingga masyarakat yang berada di daerah yang sangat terpencil pun dapat merasakan manfaat dari program tol laut.

    Kapal Pelra ini diharapkan dapat menjangkau daerah yang sangat terpencil dan mampu mengangkut barang sekitar 10 ton dan penumpang sebanyak 24 orang. Selain itu kapal ini juga dilengkapi fasilitas yang cukup memadai seperti AC dan lain sebagainya.

    Pada kesempatan ini, Dirjen Agus berpesan kepada seluruh Kepala Daerah penerima kapal Pelra, agar dapat memanfaatkan kapal pelra ini sebaik-baiknya untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat dan yang lebih penting agar kapal ini dirawat sehingga manfaatnya bisa lebih optimal.

    Sementara Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko dalam laporannya mengatakan dari Hasil pembangunan kapal pelra sebanyak 94 kapal melalui dana Tahun Anggaran 2018, telah diserahkan secara simbolis oleh Menhub sebanyak 12 kapal kepada 12 Pemerintah Daerah pada tanggal 15 April 2019 di Surabaya dan sebanyak 44 unit kapal diserah terimakan pada tanggal 18 Juli 2019. (son)