Layanan Penyandang Disabilitas, AP I Gandeng Komunitas Caring

    12
    YOGYAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Dalam rangka mewujudkan pelayanan prima di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) kepada seluruh pengguna jasa bandara, termasuk di dalamnya adalah pengguna jasa disabilitas, PT Angkasa Pura I menyelenggarakan rangkaian kegiatan bersama dengan komunitas disabilitas Yogyakarta yang tergabung dalam komunitas Indonesia Caring.

    Indonesia Caring sendiri merupakan komunitas gabungan dari ASITA (Associaton of the Indonesian Tours and Travel), YAKKUM (Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum), UCP (United Celebral Palsy), GERKATIN (Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia) dan SIGAB (Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel)

    Dirut PT AP I Faik Fahmi mengapresiasi Komunitas Indonesia Caring yang telah ikut memberikan berbagai rekomendasi terhadap peningkatan sarana dan layanan bagi penyandang disabilitas di Bandara Internasional Yogyakarta. Hal ini sejalan dengan komitmen untuk menjadikan bandara ini menjadi bandara pertama di Indonesia yang ramah aksesibilitas, fasilitas dan layanan bagi berbagai ragam penyandang disabilitas saat bandara ini beroperasi dengan penuh di tahun 2020 nanti.

    PTS General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan setelah sebelumnya diawali dengan beberapa tahap yaitu persiapan, survey dan induction.

    Kegiatan assessment ini dilaksanakan sebelum nantinya akan dituangkan dalam bentuk saran dan rekomendasi oleh rekan-rekan komunitas kepada penyelenggara fasilitas dan layanan di Bandara Internasional Yogyakarta,.

    Dalam pelaksanaan assessment ini, Indonesia Caring melibatkan 25 orang dari berbagai ragam penyandang disabilitas yang terdiri dari penyandang disabilitas fisik sensori intelektual dan mental. Diharapkan kegiatan ini menghasilkan rekomendasi baik fisik maupun nonfisik sehingga tujuan Bandara Internasional Yogyakarta menjadi bandara yang ramah untuk segala jenis ragam disabilitas bisa tercapai. "Ini merupakan langkah yang luar biasa dari Angkasa Pura I yang patut diapresiasi dalam menginisiasi dan mengupayakan pelayanan terbaik, dengan menggandeng kami selaku komunitas Indonesia Caring. Semoga kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi banyak bandara di Indonesia sehingga Indonesia bisa dikenal sebagai salah satu negara yang ramah untuk berbagai ragam penyandang disabilitas,” tegas Koordinator Indonesia Caring, Meira Marianti. (son)