IFRC, Upaya Tingkatkan Kompetensi Emergency Response

    51
    TANGERANG (Bisnisjakarta)-
    Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Umiyatun Hayati Triastuti membuka the 6th Indonesian Fire and Rescue Competition (IFRC) di kampus Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang, Sabtu (12/10).

    Mewakili Menhub, Hayati mengatakan, pengetahuan dan skill personel yang sehari-harinya melakukan pekerjaan penyelamatan baik dari kebakaran, ketinggian dan di perairan dapat terus diupdate dan ditingkatkan. "Skill yang dikompetisikan sangat bermanfaat untuk kita semua khususnya personel yang bertugas dalam memberikan emergency response pada saat terjadi incident dan accident, bagaimana upaya penyelamatan dan penanganan lebih lanjut," ungkap Hayati.

    Selain menjadi ajang kompetisi keahlian emergency response team, Hayati mengatakan, kegiatan ini juga dapat memberikan edukasi tentang pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menangani kebakaran dan peristiwa darurat.

    Ia mengatakan, momentum ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk mendapatkan pengalaman dengan melihat secara langsung bagaimana melakukan emergency response. "Kompetensi dalam penanggulangan bencana bagi aparatur perhubungan harus selalu dijaga dan ditingkatkan," katanya.

    Ketua STPI Curug Capt. Novyanto Widadi menambahkan, STPI Curug dipilih selaku tuan rumah karena memiliki sarana dan prasarana yang oleh penyelenggara dianggap layak untuk menfasilitasi 8 jenis perlombaan yang dipertandingkan. Sarana dan prasarana tersebut sehari-hari digunakan oleh para taruna teruni untuk praktek sesuai dengan apa yang ada di kurikulum pembelajarannya.

    Capt. Novy berharap dengan menjadi tuan rumah kompetisi ini, perusahaan pertambangan dan mineral dapat lebih mengenal dan dekat dengan STPI Curug. "Tentunya saya harap kesempatan ini dapat memberikan nilai tambah bagi STPI Curug," ujar Novy.

    Novy mejelaskan, kompetisi ini akan dinilai oleh tim profesional dari berbagai negara. “Tim penilai merupakan assesor profesional dari Indonesia dan juga luar negeri antara lain Australia, Amerika Serikat, Belanda, South Africa dan Inggris," imbuhnya.

    Kegiatan yang diikuti 21 tim dan berlangsung 12 – 20 Oktober ini merupakan salah satu upaya peningkatan awareness tanggap darurat bencana. Tahun depan, STPI juga akan melaksanakan kompetisi serupa khusus untuk peserta dari lingkungan Kementerian Perhubungan.

    Pembukaan the 6th Indonesian Fire and Rescue Competition (IFRC) dihadiri antara lain oleh Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Direktur Keselamatan Pertambangan dan Lingkungan dan Direktur Pengusahaan Batubara Kementerian ESDM, Direktur Kesiapsiagaan SAR BNPP, para pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan serta BUMN terkait. (son)