AP II dan Pemerintah Sukses Kembangkan Sektor Kebandarudaraan Nasional

    13
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    PT Angkasa Pura II dan Kementerian Perhubungan dalam 5 tahun terakhir berhasil mengembangkan sektor kebandarudaraan nasional, baik dari sisi pembangunan infrastruktur mau pun peningkatan konektivitas penerbangan domestik dan internasional.

    Salah satu pencapaian Angkasa Pura II dan Kementerian Perhubungan yang paling berdampak signifikan bagi kebandarudaraan nasional adalah dibukanya Terminal 3 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

    President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan prestasi Soekarno-Hatta tidak lepas dari dukungan pemerintah. "Kami sangat berterima kasih atas dukungan pemerintah dalam pengembangan Soekarno-Hatta sehingga dapat menjadi kebanggaan masyarakat.”

    Selain pengembangan Soekarno-Hatta, Kementerian Perhubungan dan Angkasa Pura II juga berkoordinasi terkait pengelolaan 4 bandara.

    Adapun Kemenhub menyerahkan pengelolaan 4 bandara ke Angkasa Pura II yakni Tjilik Riwut (Palangkaraya), HAS Hanandjoeddin (Belitung), Radin Inten II (Lampung) dan Fatmawati Soekarno (Bengkulu).

    Selain penyerahaan pengelolaan 4 bandara itu, Kemenhub juga mendukung Angkasa Pura II dalam pengelolaan Bandara Kertajati di Jawa Barat. Dukungan diberikan Kemenhub dari sisi regulasi dan kemudahan akses transportasi dari dan menuju bandara tersebut.

    Tidak ketinggalan, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pariwisata juga mendukung pengembangan Bandara Internasional Silangit di Siborong-borong, Sumatra Utara. Pengembangan bandara ini tidak lain guna mendukung destinasi wisata Danau Toba sebagai salah satu dari 5 Bali Baru.

    Pengembangan Bandara Silangit merupakan contoh satu keberhasilan di mana sebelumnya tidak ada maskapai melayani penerbangan hingga kini sejumlah maskapai membuka penerbangan berjadwal.

    Adapun selain membangun infrastruktur utama kebandarudaraan, Angkasa Pura II juga mengembangkan fasilitas pendukung bandara seperti yang dilakukan di Soekarno-Hatta. (son)