Komjen Idham Azis Ditunjuk Gantikan Tito

    15
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengajukan surat presiden (surpres) berisi pengajuan nama Komisaris Jenderal (Komjen) Pol. Idham Azis kepada DPR untuk menjabat Kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian. "Pengganti kapolri adalah sudah kami ajukan juga ke DPR. Pak Idham Azis Kabareskrim, satu saja," ucap Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (23/10).

    Saat ini Komjen Idham Azis menjabat sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri, sedangkan Tito telah dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendgari). Perihal surat pengajuan Komjen Idham Azis, pimpinan DPR mengamini pernyataan Jokowi.

    Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengakui telah menerima surat presiden (surpres) terkait pencalonan Idham Azis untuk menjabat sebagai Kapolri. "Sudah masuk. Benar, Idham Aziz," ucap politisi dari Partai Gerindra ini.

    Untuk itu, Sufmi mengatakan DPR segera melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan menindaklanjuti surpres tersebut setelah Komisi III rampung terbentuk.

    Sufmi menjelaskan pada Selasa (22/10) rapat paripurna DPR baru saja menetapkan dan mengesahkan alat kelengkapan dewan (AKD) terdiri 11 Komisi dan 5 badan kelengkapan.  

    Rencananya, pekan depan pimpinan dewan akan mengesahkan susunan pimpinan AKD setelah nama-nama calon pimpinan AKD diserahkan masing-masing fraksi DPR. "Menunggu Komisi III disepakati dulu. Komisi III baru minggu depan, setelah itu langsung kita adakan fit and proper test," katanya. (har)