AMC-Pelindo Sepakat Kerjasama Pendidikan Maritim

    27
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Hubungan kerjasama antara Kementerian Perhubungan dengan Universitas Tasmania (University of Tasmania/Utas) – Australia Maritim College (AMC) masih terus berlanjut. Pada agenda terbaru, Staf Ahli Menteri Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan Dr. Cris Kuntadi mempertemukan perwakilan dari UTAS-AMC, Peter Craven dengan Perwakilan dari PT Pelabuhan Indonesia I, II, III dan IV. 

    Rapat ini merupakan tindak lanjut dari rencana kerjasama yang menitikberatkan pada bidang kemaritiman dimana University of Tasmania memiliki institusi khusus yang bergerak di bidang pendidikan dan penelitian maritim yaitu Australian Maritime College (AMC).

    Sebelumnya pada pertemuan IABS pada 25-26 September 2018 di Melbourne, Cris menyampaikan paparan peluang investasi dan kerja sama transportasi di Indonesia. Paparan tersebut ditanggapi sangat antusias oleh Pemerintah dan pelaku usaha Australia. Salah satunya adalah AMC.

    Cris selaku pimpinan rapat menyampaikan bahwa kerjasama yang ditawarkan kali ini berfokus pada pendidikan dan pelatihan manajemen pelabuhan dan logistik. "Saya lihat bahwa kerja sama maritim Indonesia dengan Australia belum begitu banyak khususnya terkait pendidikan pelabuhan dan logistik," ungkapnya.

    Program yang ditawarkan UTAS-AMC selaras dengan kebutuhan perusahaan mulai dari program scholarship S2 dan S3 serta short-course untuk pelatihan.

    Rapat berjalan lancar dengan hasil konkrit yaitu akan dibuat Nota Kesepahaman atau MoU antara PT Pelabuhan Indonesia I, II, III dan IV dengan UTAS AMC yang rencananya akan dilaksanakan saat ultang tahun PT Pelindo I, II, III, IV tanggal 1 Desember 2019. "Peluang kerja sama dari negara-negara lain seperti ini harus terus disambut agar ke depan SDM Indonesia dapat terus meningkat kemampuannya khususnya dalam bidang kemaritiman," tutupnya. (son)