GMF Resmikan Fasilitas Maintenance Control Center Baru

    9
    TANGERANG (Bisnisjakarta)-
    PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF) meresmikan fasilitas New Maintenance Control Center (MCC) sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk terus berakselerasi dalam mengoptimalkan kinerja layanan Perusahaan khususnya pada bisnis line maintenance.

    Area MCC yang sebelumnya berada di Hangar 2 GMF, kini berada di Hangar 4 yang merupakan hangar terbesar di dunia untuk pesawat narrow body, demi mengoptimalkan kebutuhan fasilitas penunjang tersebut. "Berbekal teknologi teranyar, GMF terus berinovasi untuk selalu memastikan kelaikudaraan armada yang dirawat," kata Dirut GMF Tazar Marta Kurniawan di Tangerang, Rabu (6/11).

    Tazar mengungkapkan, pembaharuan fasilitas ini sejalan dengan komitmen Perusahaan untuk semakin mengoptimalkan komitmen layanan customer Total Solution Maintenance, yakni customer yang mempercayakan perawatan pesawatnya secara penuh kepada GMF. “Dengan semakin meningkatnya jumlah pesawat yang kami rawat, tentunya kami senantiasa memperhatikan segala fasilitas penunjang mampu memberikan pelayanan prima, salah satunya MCC yang menjadi jantung perawatan Line Maintenance,” kata Tazar.

    Adapun fasilitas Maintenance Control Center (MCC) terbaru ini turut dilengkapi dengan  pengembangan  fitur teknologi digital yang semakin mengoptimalkan layanan perawatan pesawat secara menyeluruh dari aspek ketepatan efektivitas waktu dan biaya, hingga kualitas layanan yang semakin komprehensif.

    Saat ini MCC milik GMF telah dilengkapi dengan video conference, dimana melalui teknologi ini memudahkan proses maintenance dalam hal verifikasi temuan khususnya untuk pengerjaan di outstation. Dengan teknologi video conference, GMF tidak lagi harus mengirimkan manpower troubleshooter ke outstation, sehingga dapat memaksimalkan efisiensi budget dan efektivitas waktu pengerjaan perawatan pesawat secara tepat guna. Selain itu, melalui fasilitas New MCC ini, GMF juga menghadirkan aplikasi Mobile Tech Log yang memungkinkan teknisi mengakses dan menginput maintenance record dari setiap pesawat secara real-time sehingga dapat meminimalisir kesalahan input data.

    MCC merupakan fasilitas penunjang vital bagi lini perawatan ringan pesawat yang beroperasi 24 jam sehari dan 7 hari seminggu untuk memastikan bahwa pesawat laik terbang. Adapun MCC bertugas untuk selalu memonitor kondisi pesawat secara real-time dari sisi teknis, yang nantinya data tersebut direkomendasikan kepada maskapai sebagai referensi rute yang akan diambil.

    Kedepannya, dengan fasilitas kelas dunia ini Tazar optimistis akan dapat mengembangkan sektor line maintenance dengan menambah daftar customer Total Solution Maintenance. “Dengan lebih dari 1000 flight yang kami handle setiap harinya, ada tantangan besar untuk dapat bekerja tanpa cela. Untuk itu kami selalu berinovasi memberikan yang terbaik pada customer kami” jelas Tazar.

    Hadirnya fasilitas MCC ini memiliki arti tersendiri sebagai representasi komitmen GMF untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. "Dengan fasilitas baru dan berbagai pengembangan kapabilitas dan kemampuan baru ini kami harapkan dapat semakin memperkuat visi kami menjadi penyedia solusi total MRO (maintenance, repair, overhaul) kelas dunia untuk semua pelanggan GMF," tutup Tazar. (son)