Bisnis Industri Penerbangan Helikopter Makin Prospektif

    25
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Kementerian Perhubungan berkomitmen untuk mendukung perkembangan industri helikopter sipil di Indonesia.Wujud komitmen melakukan langkah-langkah  deregulasi di bidang pengoperasian helikopter dengan tujuan menciptakan bisnis pengoperasian helikopter yang kompetitif dengan tetap mengedepankan keselamatan penerbangan sehingga mampu menarik investor pada industri ini.

    Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti saat membuka Forum Helikopter Indonesia mengusung tema Indonesia Welcoming Helicopter Business and Regulation berlangsung di Jakarta, Kamis (14/11) mengapresiasi telah digelarnya Forum Helikopter Indonesia yang diikuti para stakeholder helikopter di Indonesia. Forum ini, merupakan persiapan penyelenggaraan “Asia Pacific Helicopter Community Forum ,” pada 2020, mendatang.

    “Kami apresiasi terselenggaranya event ini, saat ini Indonesia memiliki potensi untuk menjadi kekuatan besar dalam industri penerbangan helikopter sipil , hal ini ditunjukkan dengan banyaknya operator yang konsentrasi dalam bisnis ini, selain itu Indonesia sebagai negara kepulauan memerlukan transportasi udara yang cepat dan efisen,” tutur Polana

    Polana menambahkan, Kemenhub selaku regulator penerbangan di Indonesia merupakan Contracting States dari Internasional Civil Aviation Organization (ICAO), yang memiliki kewajiban untuk melakukan pemuktahiran regulasi maupun guidances sesuai dengan perkembangan internasional Standards and Recommed Practices (SARPs) yang berubah sangat dinamis.

    “Dimana pada kesempatan ini, kami berharap para stakeholder bekerjasama dengan Direktorat Teknis terkait di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk bersama-sama membangun program pengembangan qualified and competence penerbang helikopter khususnya bagi generasi muda bangsa Indonesia termasuk memformulasikan kerangka aturan dan prosedur dalam rangka pemenuhan ketentuan internasional khususnya untuk operasi penerbangan helikopter di Indonesia,” katanya.

    Polana berharap, pada forum ini  mampu untuk memformulasikan best practice kebutuhan SDM maupun pemenuhan kompetensi yang sesuai dengan permintaan industri helikopter itu sendiri.
    Turut hadir dalam kegiatan Forum Helikopter Indoensia, Direktur Kelaikudaraan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) Capt. Avirianto, CEO Whitesky Aviation, Denon Prawiraatmadja, perwakilan PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II, INACA, AirNav Indonesia, Bell dan Airbuss. (son)