JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan terus bersiap mengikuti Expo 2020 Dubai, yang akan berlangsung pada 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021 di Dubai. “Kami terus mendorong agar Kementerian, Lembaga, Pemda dan Sponsor untuk terus mempersiapkan diri memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden untuk mensukseskan Expo 2020 Dubai,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Dody Edward.

Sementara itu, pelaku usaha Indonesia yang menjadi sponsor Expo 2020 Dubai membocorkan gambaran informasi yang disajikan pada Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai. Mereka mengharapkan momentum terbentuknya kabinet baru pada kepemimpinan Presiden Joko Widodo ini makin mendorong semangat kebersamaan Indonesia menuju Expo 2020 Dubai dan Indonesia Emas 2045.

PT Wijaya Karya Persero (WIKA) menyatakan pihaknya masih berkonsentrasi menuntaskan kerja pembangunan Paviliun Indonesia. “Sebagai sponsor serta kontraktor dalam pembangunan Pavilion Indonesia di Expo 2020 Dubai, sampai saat ini kami masih fokus kepada proses konstruksi agar Pavilion Indonesia dapat selesai tepat waktu sesuai spesifikasi yang telah ditentukan, “ kata Mahendra Vijaya, Corporate Secretary WIKA.

“Melalui even Expo 2020 Dubai, kami ingin menampilkan kepada masyarakat global bahwa WIKA adalah salah satu BUMN Indonesia yang sukses berkiprah di luar negeri dan mampu bersaing di kancah global. Hal ini diharapkan mampu membangun citra yang baik sehingga WIKA dapat memperluas pangsa pasar global,” tambah Mahendra.

Di tempat terpisah, April Group juga akan memberikan informasi yang menarik bagi pengunjung Paviliun Indonesia. “Secara umum, kami berharap dapat menampilkan gambaran Grup APRIL yang mengelola pabrik pulp dan kertas yang terintegrasi dan berkelas dunia. Kami juga mendukung agenda SDGs, perusahaan telah menerapkan sejumlah komitmen yang selaras dengan agenda pemerintah dan global secara menyeluruh” ujar Anita Bernardus, Head of National Communications, APRIL Group.

Menurut Anita, April Grup akan membawa semangat keseimbangan antara produksi dan proteksi (production-protection) yang selama ini diusung APRIL di semua bentang alam tempatnya berkarya. “Kepada dunia, kita tunjukkan bahwa pembangunan dengan basis kelestarian adalah modal penting bangsa ini menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Anita.
Salah satu konsep Paviliun Indonesia akan menampilkan restoran khas Indonesia yang diwakili oleh Citrarasa Prima (CRP) Group. Persiapan CRP juga sudah hampir matang. Saat ini sudah sampai ke tahap persiapan menu dan konsep detail store. CRP akan mempersembahkan brand lokal asli indonesia yang siap bersaing di global serta memperkenalkan bahwa Kopi indonesia adalah salah satu kopi terbaik didunia serta memperkenalkan rempah terbaik indonesia melalui kuliner. (grd)