Dicari Entrepreneur Wanita asal Indonesia Timur, Ini Kriterianya

    26
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Entrepreneurs’ Organization (EO)  menyelenggarakan Entrepreneurs Organization Womenpreneur Award (EOWA) 2020. EO berharap ajang ini diikuti seluas-luasnya dari kalangan entrepreneur wanita khususnya dari wilayah Indonesia Timur. "Program EOWA 2020 ini diadakan untuk memberikan penghargaan kepada para wirausaha perempuan atas prestasi dan pencapaian mereka selama ini,"  kata President of Entrepreneurs’ Organization Indonesia East Caroline Gondokusumo di Jakarta, Rabu (4/12).

    Caroline berharap, melalui ajang ini dapat menginspirasi perempuan Indonesia lainnya untuk terus berprestasi di bidangnya masing-masing, terutama dalam hal berwiraswasta. "EOWA ini juga merupakan bentuk dukungan EO terhadap pemberdayaan wanita dalam kesetaraan gender (gender equality) sesuai dalam Sustainable Development Goals yang merupakan program dari United Nations. Penghargaan kali ini difokuskan pada  kawasan Timur Indonesia,  yang juga mencerminkan dukungan dan komitmen pemerintah dalam membangun dan memberikan kesempatan kepada Indonesia Timur,” ungkap Caroline.

    Caroline mengatakan, dalam berbisnis tidak sedikit seseorang telah berhasil membangun dan mengembangkan hingga mapan ke titik tertentu. Sayangnya, tanpa disadari yang kerap terjadi ketika sudah berada di titik tertentu tetap terus ada keinginan berkembang lagi. Namun, seakan ada glass ceiling tidak terlihat yang membatasi para wanita baik dari segi kemampuan atau kondisi yang dihadapinya.

    Oleh karena itu, jelas Caroline, EO ingin membantu memberikan ilmu baru dari para pakarnya (Subject Matter Expert), berbagi pengalaman dari para pelaku bisnis ternama, dan kesempatan membuka network global. "Tujuannya tak lain agar para wanita pengusaha mendapat perspective yang dibutuhkan untuk membawa perusahaannya lebih berkembang lagi," papar Caroline.

    Program ini, kata Caroline, dapat mengidentifikasi dan memberikan banyak kesempatan bagi wirausahawan perempuan berpotensi tinggi untuk belajar dari pada ahli, rekan sejawat, pelatih atau pembimbing tentang masalah pribadi, bisnis atau keluarga tentang kehidupan wirausaha.

    Tidak seperti banyak program lain yang berfokus pada membantu perempuan untuk memulai bisnis (start up), EO justru ingin mendukung perempuan dengan usaha yang sudah berjalan dengan baik guna mengembangkan dan meningkatkan (scale up) usaha mereka.

    Sementara Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati  Wibawaningsih menyatakan, pemerintah antusias dan mendukung penuh program ini. EOWA 2020 ini sejalan dengan arah pembangunan Indonesia yang terus ingin lebih memajukan dan mengembangkan bisnis wilayah Indonesia Timur.

    Menurut Gati, sudah saatnya para wirausaha perempuan unjuk gigi untuk dapat lebih banyak mendapatkan kesempatan dalam kancah industri yang lebih besar,  tidak hanya mencakup di Indonesia tetapi juga ke mancanegara. "Saya berharap ajang ini diikuti banyak peserta, karena menjadi bagian penting bagi kemajuan bisnis mereka sekaligus  mengembangkan wilayah," kata Gati.

    Dukungan pengembangan untuk entrepreneur perempuan ini juga datang dari KADIN. “Kami khususnya dari KADIN Indonesia Bidang Industri Kreatif dengan penuh semangat ikut mendukung pengembangan dan kemajuan program ini. Kami siap membantu langsung untuk lebih meningkatkan kemampuan entrepreneur perempuan khususnya di wilayah Timur. Saya yakin banyak pebisnis perempuan tangguh yang akan kian berhasil,” ungkap Wakil Ketua Komite Tetap KADIN Indonesia bidang Industri Kreatif, Kevin Wu.

    Kavin berharap, lewat program ini dapat membentuk komunitas pengusaha wanita untuk saling belajar dan mendukung untuk berkembang lebih jauh hingga ke pasar global. (son)