Ini Aksi Peringati Hari Penerbangan Sipil Internasional

    38
    SURABAYA (Bisnisjakarta)-
    Dalam rangka memperingati Hari Penerbangan Sipil Internasional yang jatuh tanggal 7 Desember, Kementerian Perhubungan melakukan kampanye keselamatan penerbangan di Surabaya, Minggu (8/12).

    Kampanye ini dilakukan melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III (OBU III) Surabaya dengan melaksanakan kegiatan jalan santai di sela acara car free day (CFD) di seputar Taman Bungkul, Surabaya bersama  dengan seluruh karyawan OBU III, stakeholder penerbangan dan masyarakat.

    Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti yang menyatakan bahwa Ditjen Perhubungan Udara akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya arti keselamatan dan keamanan penerbangan. "Kampanye keselamatan penerbangan akan terus dilakukan oleh Ditjen Hubud sebagai bentuk edukasi terkait pentingnya keselamatan dan keamanan penerbangan," kata Polana.

    Menurut Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III Surabaya, Nafhan Syahroni, kampanye keselamatan yang dilakukann oleh OBU III ini untuk mengenalkan Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III Surabaya yang merupakan perpanjangan tangan dari Ditjen Hubud dalam melakukan pengawasan dan pengendalian  terkait dengan penerbangan.

    Program pembinaan tersebut salah satu caranya adalah dengan mengedukasi masyarakat agar lebih bisa bersama-sama  menjaga keselamatan dan keamanan penerbangan. "Kegiatan ini juga menggandeng seluruh stakeholder penerbangan, dan instansi Pemerintah terkait untuk menjadikan kegiatan ini sebagai suatu gerakan bersama yang dapat memberikan efek positif pada peningkatan keselamatan dan keamanan penerbangan. Kami memberikan edukasi pada masyarakat terhadap hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam perjalanan menggunakan pesawat udara,” jelas Nafhan.

    Selain itu, pada kegiatan ini juga turut diperkenalkan maskot Direktorat Jenderal Perhubungan Udara bernama "DIRGA", dan slogan "SELAMANYA" yang merupakan akronim dari selamat-aman-nyaman dalam  penerbangan.

    Dirga yang diambil dari personifikasi burung Elang Jawa juga merupakan media penyampaian pesan dan informasi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara kepada masyarakat secara humanoid. Terutama untuk menyampaikan informasi terkait aturan-aturan keselamatan, keamanan dan kenyamanan selama penerbangan. (son)