ASDP Rekrut Karyawan Penyandang Disabilitas

    79
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    PT ASDP Indonesia Ferry mendukung program Pemerintah dalam membuka kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas di sektor formal dengan dasar bahwa setiap orang memiliki aksesibilitas yang sama dalam proses rekruitmen di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), termasuk berkarir di ASDP.

    Hal ini mengacu pada UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, khususnya terkait Pasal 53 ayat (1) yang menyatakan, Pemerintah, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah wajib mempekerjakan paling sedikit dua persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja.

    Direktur SDM dan Layanan Korporasi PT ASDP Indonesia Ferry  Wing Antariksa, mengatakan bahwa ASDP telah menjalankan komitmen dalam perekrutan penyandang disabilitas yang diharapkan dapat meningkatkan tingkat kemandirian ekonomi. Hal ini terbukti dari salah satu rekrutmen karyawan penyandang disabilitas, Chandra Timothy Doly, yang ditempatkan di divisi Hukum ASDP pada awal tahun 2019. "Dalam proses rekruitmen karyawan di ASDP, tidak ada sikap diskriminatif. Semua orang termasuk penyandang disabilitas memiliki hak yang sama, termasuk dalam pekerjaan dan kewirausahaan. Kami memberlakukan prosedur yang sama bagi calon karyawan biasa maupun penyandang disabilitas," tuturnya.

    Adapun persyaratan pelamar disabilitas yang diperbolehkan adalah yang mengalami keterbatasan fisik, kelainan, kerusakan pada fungsi gerak yang diakibatkan oleh kecelakaan atau pembawaan sejak lahir dan bukan ketidakmampuan intelektual dan mental, dengan ketentuan mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan gagasan, dan kemampuan berdiskusi.

    Chandra mengaku tertarik bekerja di ASDP karena kecintaannya terhadap laut dan dunia pelayaran. "Saya bangga bekerja di ASDP, sesuai dengan semboyan Bangga Menyatukan Nusantara, dimana ASDP melayani dan menyatukan nusantara, dari ujung barat sampai ke ujung timur Indonesia. Suasana lingkungan kerja kantor saat ini mendukung aktivitas kerja yang aman dan nyaman,” tuturnya. (son)