Libur Nataru, BNI Siapkan Rp 19,9 Triliun

    28
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Untuk memenuhi kebutuhan pelayanan nasabah selama Natal 2019 & Tahun Baru 2020, BNI menyiapkan kas rata-rata Rp 16,9 triliun per minggu atau naik 5% dibandingkan dengan realisasi tahun 2018. Kebutuhan tersebut diperkirakan akan mencapai puncak di Minggu Ke-2 atau antara tanggal 26 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 yang mencapai Rp 17,6 triliun. “Dengan ketersediaan uang tunai tersebut kami optimis kebutuhan masyarakat atas uang tunai selama masa libur Panjang nanti akan terpenuhi,” ujar Deputy General Manager Divisi Operasional BNI Feri Fariansis saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (19/12).

    Diskusi dihadiri antara lain Deputy General Manager Divisi Pengelolaan Jaringan BNI Giri Dwi Susanto dan General Manager Divisi Komunikasi Pemasaran BNI Indomora Harahap.

    Giri Dwi Susanto mengatakan, libur panjang yang tiba seiring dengan perayaan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 memang menjadi momentum yang sangat dinanti, terutama karena bersamaan dengan libur sekolah. Untuk melengkapi kebahagiaan disaat berlibur, BNI tetap hadir memberikan pelayanan yang maksimal dengan mengoperasikan 72 outlet di berbagai kota utama di Indonesia pada masa Cuti Bersama tanggal 24 Desember 2019, dan 23 outlet pada saat Natal tanggal 25 Desember 2019, dan 01 Januari 2020.

    Tidak hanya itu, kata Giri, BNI juga tetap mengaktifkan outlet-outlet layanan akhir pekan (weekend banking) di 69 outlet di Indonesia pada 21 Desember 2019 dan 28 Desember 2019, serta masing-masing 19 outlet pada tanggal 22 Desember 2019 dan 29 Desember 2019. ”Dengan demikian, praktis, BNI tetap memberikan pelayanan dari Libur Natal 2019 sampai dengan Tahun Baru 2020” ujar Giri.

    Masyarakat juga tetap dapat memperoleh pelayanan perbankan dari BNI melalui berbagai electronic channel, termasuk ATM yang per 30 November 2019 telah mencapai 18.624 unit. ATM BNI ini terdiri atas 15.849 ATM Tarik Tunai, 1.774 Cash Recycling Machine (CRM) dan 1.001 ATM Non Tunai. Tidak hanya itu, pelayanan BNI juga  diperkuat oleh jaringan Agen46 yang tersebar di 137.147 lokasi di Indonesia. BNI juga mengoptimalkan 14 Digital Branch di seluruh Indonesia yang tetap beroperasi selama 7 hari dalam seminggu.

    Petugas Teller akan disiagakan untuk memberikan layanan terbatas di outlet-outlet yang dibuka pada 24 Desember 2019, yaitu Setoran, Penarikan, Pemindahbukuan Rekening BNI (baik Transaksi Setoran, Penarikan Tunai beban tabungan dan atau menggunakan Cek BNI maksimal Rp 25 juta per rekening kecuali dilakukan oleh Nasabah Emerald atau Debitur). Pada outlet yang sama, BNI juga melayani Setoran Pembayaran BBM Pertamina melalui Online Payment Banking System (OPBS) Pertamina Host to Host (H2H).  Selain itu, BNI juga tetap menerima Setoran Penerimaan Negara, dan transaksi valas (baik setoran, penarikan, hingga jual beli banknotes maksimal USD 5.000).

    Sementara untuk outlet-outlet yang dibuka pada tanggal 25 Desember 2019 dan 01 Januari 2020 hanya melayani Setoran Pembayaran BBM Pertamina melalui Online Payment Banking System (OPBS) Pertamina Host to Host (H2H).

    Dalam menunjang kelancaran Nasabah selama mudik Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 BNI akan menempatkan O-Branch (BNI Layanan Gerak) yang berada di 53 titik seperti Rest Area, Terminal, Pusat Belanja dan lainnya. (son)