Penyaluran KPR Milenial Tembus Angka Rp 9,3 Triliun.

    22
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    PT Bank Tabungan Negara (BTN) bersiap menguasai pasar milenial, terutama bagi mereka yang belum memiliki hunian. Salah satu strategi yang dilakukan perseroan yakni meluncurkan aplikasi BTN Properti Mobile versi Android. Lewat aplikasi anyar ini, generasi Y dapat mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) lewat ponsel Android mereka.

    Dirut BTN Pahala N. Mansury saat Relaunching Produk KPR Gaeesss dan Launching Aplikasi BTN Properti Mobile di Jakarta, Rabu (18/12) malam mengatakan, perseroan melihat potensi besar dari generasi milenial yang belum memiliki rumah di Indonesia. Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut ada 81 juta orang di segmen generasi milenial yang belum memiliki rumah. Angka tersebut setara 31% dari jumlah populasi di Indonesia.

    Sebagai pemimpin pasar KPR di Tanah Air, Pahala mengatakan, BTN akan terus berinovasi untuk menyediakan hunian yang mudah diakses dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia. "Kali ini kami berinovasi dengan menyajikan aplikasi BTN Properti Mobile yang memberikan berbagai kemudahan berbasis teknologi bagi generasi milenial yang tech-savvy,” ujar Pahala.

    BTN juga melakukan Relaunching Program KPR Gaeesss For Millenials dengan tampilan baru yang lebih menarik dan dapat diakses lewat aplikasi BTN Properti Mobile. Program KPR tersebut diracik sesuai dengan karakteristik kaum milenial yang menginginkan layanan yang dapat dengan mudah diakses dan cicilan yang terjangkau. “Melalui relaunching ini kami menekankan bahwa KPR Gaeesss tersebut merupakan KPR untuk milenial yang merupakan program dari BTN yang memiliki pengalaman sejak lama di sektor pembiayaan perumahan di Indonesia,” jelas Pahala.

    Pahala melanjutkan, KPR Gaeesss For Millenials merupakan kredit untuk pemilikan hunian bagi kaum milenial berusia 21-35 tahun. Untuk KPR bagi kalangan muda ini, BTN memberikan berbagai gimmick menarik di antaranya bebas biaya admin, suku bunga single digit, diskon provisi 50%, dan jangka waktu kredit hingga 30 tahun.

    Sejak resmi ditawarkan pada Oktober 2018 hingga November 2019, BTN mencatatkan penyaluran KPR Gaeesss senilai Rp9,3 triliun. Nilai tersebut setara penyaluran untuk 27.593 unit hunian bagi kalangan milenial. “Kami membidik dengan relaunching KPR Gaeesss For Millenials dan launching aplikasi BTN Properti Mobile dapat meningkatkan penyaluran KPR tersebut mencapai kurang lebih Rp11 triliun,” kata Pahala.

    Untuk menggarap kaum milenial, jelas Pahala, BTN juga memiliki berbagai produk dan layanan perbankan berbasis teknologi seperti mobile banking dan internet banking. Perseroan juga menjadi bagian dari LinkAja untuk mempermudah transaksi menggunakan uang elektronik di ponsel.

    Sementara itu, hingga akhir November 2019, total BTN mencatatkan penyaluran KPR secara keseluruhan mencapai Rp190,15 triliun. Posisi tersebut tercatat naik 11,2% secara tahunan dari Rp171 triliun per November 2018. (son)