40 Entitas Seni Terima Penghargaan KBS Nugraha

    21
    DENPASAR (Bisnisjakarta)-
    Untuk pertama kalinya, Pemprov Bali lewat Dinas Kebudayaan memberikan Penghargaan Seni Kerthi Bhuwana Sandhi Nugraha untuk sanggar/komunitas/yayasan seni di Bali. Tahun ini tercatat ada 40 penerima penghargaan dari 9 kabupaten/kota atas prestasi, dedikasi, dan kontribusinya dalam bidang penguatan dan pemajuan kebudayaan Bali.

    Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama, Kepala Dinas Kebudayaan Bali I Wayan "Kun" Adnyana dan Pimpinan Kelompok Media Bali Post ABG Satria Naradha di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Provinsi Bali, Jumat (20/12) malam.

    Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dr. I Wayan "Kun" Adnyana mengatakan, ke-40 sanggar/komunitas/yayasan seni menerima piagam penghargaan dan uang tunai masing-masing Rp 50 juta.

    Sebelum menetapkan daftar penerima penghargaan, lanjut Kun, pihaknya melakukan seleksi dan verifikasi melibatkan tim seleksi dari berbagai komponen masyarakat. "Pemberian penghargaan ini selaras dengan visi misi gubernur Bali yang tercantum dalam RPJMD Provinsi Bali 2018-2023 lewat Nangun Sat Kerthi Loka Bali," ujarnya.

    Kun menambahkan, visi misi tersebut dalam bidang seni dan budaya diwujudkan dalam bentuk upaya menjaga kelestarian dan pengembangan karya-karya berbasis budaya tinggi warisan apra leluhur. Seperti tari, tetabuhan, lukisan, patung, arsitek dan kerajinan rakyat yang bersumber dari nilai kearifan lokal. Tradisi, seni dan budaya dijadikan sebagai tatacara kehidupan Krama Bali terkait upaya pemajuan kebudayaan Bali secafa berkelanjutan.

    Adanya penghargaan ini diharapkan mampu menggelorakan semangat beraktivitas para pimpinan sanggar/komunitas/yayasan seni untuk terus menggali, melestarikan, membina, dan mengembangkan seni budaya Bali yang adiluhung, serta penciptaan karya-karya seni yang pada akhirnya memberi dampak terhadap kesejahteraan masyarakat. (kmb)