Megawati Minta Menparekraf Hidupkan Jalur Rempah Nusantara Sebagai Destinasi Wisata

    27
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ingin pemerintah Indonesia kembali hidupkan jalur rempah nusantara untuk pariwisata nasional. Hal tersebut disampaikan Megawati kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusbandio saat penyerahan Anugerah Trisakti Tourism Award 2019 di Jakarta, Minggu (22/12).

    Mega pun membandingkan jalur rempah nusantara dengan yang dimiliki negara Tiongkok. "Kalau di Tiongkok sekarang dikenal OBOR, One Belt One Road. Itu sebetulnya menggunakan jalur sutra, sebenarnya kita pun punya jalur rempah," ucap Megawati.

    Selain itu, Presiden ke-5 RI itu pun memberi pesan kepada Wishnutama untuk menindaklanjuti jalur rempah yang terdapat di Indonesia yang memiliki potensi sangat besar. "Nanti Pak Wishnu harus membangkitkan kembali apa yang menjadi jalur rempah Indonesia untuk bidang pariwisata, ternyata memang luar biasa keindahan Nusantara, Republik kita ini," ujar Megawati.

    Menurut Megawati, sektor pariwisata semestinya tidak hanya digerakkan oleh pemerintah, melainkan juga masyarakat sebagaimana di Jepang. "Pak Wishnutama, saya titip tolong gerakkan masyarakat itu, agar mereka tahu kalau daerahnya mempunyai potensi besar sebagai destinasi wisata,” ucap Megawati.

    Tidak hanya itu, dalam penutupan pesannya mengenai jalur rempah nusantara, Megawati pun teringat pesan sang ayah, Bung Karno, yang menyebut bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya raya.

    Oleh sebab itu, Megawati juga mengharapkan bangsa Indonesia mampu berdikari secara ekonomi. "Bung Karno mengatakan negara kita ini kaya raya. Kenapa kita dijajah, karena penjajah sangat senang," jelas Megawati. (son)