Libur Tahun Baru, Awak Kapal Diminta Utamakan Keselamatan

    12
    KEPULAUAN SERIBU (Bisnisjakarta)-
    Berbagai upaya pengawasan atau monitoring selama periode liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) terus dilakukan oleh Pemerintah. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berkesempatan melakukan sosialisasi atau kampanye keselamatan pelayaran di berbagai daerah, salah satunya di Kepulauan Seribu.

    Dalam kunjungannya, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad berkunjung ke Posko Nataru yang telah disiapkan oleh kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kepulauan Seribu untuk memastikan pelayanan pelayaran berjalan dengan baik. "Kehadiran kami semua disini ingin turut langsung membantu mensosialisasikan keselamatan pelayaran. Disamping bekerja di atas kapal, saya menghimbau agar kiranya Bapak-bapak pemilik kapal tetap harus mengutamakan aspek keselamatan pelayaran," ujar Ahmad.

    Disela kunjungannya, guna mengkampanyekan keselamatan pelayaran secara masif, Ahmad juga melakukan pembagian life jaket secara simbolis kepada para pemilik kapal tradisional yang ada di Pulau Untung Jawa dan beberapa Pulau lainnya di Kepulauan Seribu yang merupakan Posko Nataru KSOP kelas IV Kepulauan Seribu.

    Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu Hanif Kartika Yudha bersama beberapa pejabat struktural lainnya yang ikut melaksanakan monitoring Nataru, menyampaikan bahwa sebelumnya telah dilakukan pembagian life jaket kurang lebih 1.400 buah life jaket kepada para pemilik kapal tradisional yang ada di wilayah DKI Jakarta termasuk di Kepulauan Seribu.

    Selain itu, Hanif juga mengingatkan para pengguna pelayaran untuk selalu menggunakan alat keselamatan pelayaran terutama life jaket demi tercipta Pelayaran yang Aman, Selamat, Tertib dan Nyaman (Pastinya). (son)