Pelni Siap Operasikan KM Logistik Nusantara 6

    83
    SURABAYA (Bisnisjakarta)-
    PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) siap untuk mengoperasikan KM Logistik Nusantara (Lognus) 6 yang akan dipergunakan khusus untuk membawa muatan pada program tol laut.

    Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro di Jakarta, Jumat (17/1) mengatakan, kapal barang bukan baru yang dibeli oleh Perseroan tersebut dapat membawa muatan hingga 400 TEUs. "Kapal ini akan membawa muatan dengan rute Tg. Perak – Tidore – Buli – Maba – Weda," terang Yahya.

    Pelni sebagai salah satu operator Tol Laut terus menunjukkan perannya dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat hingga sampai ke pelosok Negeri, terlebih untuk daerah Tertinggal, Terpencil, Terdepan dan daerah Perbatasan (T3P). Tol Laut yang dilaksanakan PELNI ini merupakan pelayaran langsung regular atau tetap sesuai dengan penugasan yang telah ditetapkan pemerintah.

    Pengoperasian Tol Laut oleh Pelni memiliki penugasan spesifik, antara lain menekan disparitas harga dengan indikator sasaran antara lain terjangkaunya pendistribusian logistik ke daerah Tertinggal, Terpencil, Terdepan dan daerah Perbatasan (3TP) serta ketersediaan barang untuk mengurangi disparitas harga guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Dengan beroperasinya KM Lognus 6 ini, Pelni telah mengoperasikan sebanyak 8 kapal yang dipergunakan pada program tol laut. Maka kami berharap dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia dan dapat berkontribusi lebih pada program disparsitas harga," ucapnya.

    Hingga saat ini, Pelni telah mengoperasikan sebanyak 8 trayek tol laut yang terdiri atas KM Logistik Nusantara 1, KM Logistik Nusantara 2, KM Logistik Nusantara 3, KM Logistik Nusantara 4, KM Logistik Nusantara 6, KM Kendagha Nusantara 1, KM Kendagha Nusantara 7 serta KM Kendhaga Nusantara 11. (son)