81 Penerbangan Rute Denpasar – Tiongkok Dibatalkan

    33
    DENPASAR (Bisnisjakarta)-
    Penyebaran virus Corona sangat berdampak terhadap jadwal penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, terutama rute Denpasar ke Tiongkok dan sebaliknya. Terbukti, 81 kali penerbangan dibatalkan dalam dua pekan terakhir. “Dua pekan belakangan ini, ada 81 penerbangan dibatalkan. Padalah, secara keseluruhan ada 78 jadwal penerbangan Denpasar-Tiongkok dalam sepekan,” kata Communication and Legal Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim di Denpasar, Selasa (28/1).

    Meski demikian, jelas Arie, data terbaru menunjukkan kunjungan wisatawan China melalui Bandara Ngurah Rai saat ini mengalami peningkatan sekitar 8,2 persen. Kenaikan dilihat dari perbandingan kondisi saat ini dengan periode yang sama pada Januari tahun sebelumnya.

    Akan tetapi pihaknya belum menerima data secara detail asal Tiongkok mana wisatawan tersebut. Sebab, data tersebut baru dapat diketahui bulan depan. “Untuk memastikan data tersebut, bulan depan baru kami bisa melihatnya secara detail,” terangnya.

    Selain 78 yang terjadwal, ada juga 23 penerbangan tak terjadwal. Intensitas penerbangan masing-masing maskapai bervariasi. Ada yang 5 kali, 7 kali dan ada yang sekali dalam sepekan. "Kami masih terus update terkait pembatalan penerbangan tersebut. Mudah-mudahan virus Corona cepat bisa diatasi, sehingga pergerakan penerbangan ke seluruh negara cepat pula berjalan normal,” imbuhnya. (kmb)