UI Terima Donasi Pendidikan Tahir Foundation Rp 10 Miliar

    52
    DEPOK (Bisnisjakarta)-
    Universitas Indonesia (UI) menerima Donasi Pendidikan dari Tahir Foundation senilai Rp10 miliar untuk menunjang kualitas sumber daya manusia yang unggul sehingga memberikan kontribusi yang positif bagi bangsa. "Di era revolusi industri 4.0 saat ini, untuk bergerak maju dan cepat di dalam menyiapkan SDM yang unggul dan kompeten, perguruan tinggi perlu memperoleh dukungan serta sinergi dan kolaborasi triple helix, salah satunya dunia industri," kata Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dalam sambutannya di Balairung UI, Kampus Depok, Jumat (7/2).

    Untuk itu, kata rektor, UI sangat terbuka dan berterima kasih atas dukungan yang diberikan Tahir Foundation dalam memajukan pengembangan ilmu pengetahuan di UI. "Kita akan memperluas kerja sama tidak hanya dalam bidang pendidikan, namun juga charity dan kesehatan," ujarnya.

    Donasi yang diberikan Tahir Foundation akan dimanfaatkan UI menunjang penyelenggaraan kegiatan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta kegiatan lainnya yang digelar dalam rangka menyosialisasikan nilai-nilai kebangsaan dan bela Negara kepada sivitas akademika UI selaku generasi muda.

    Ketua Umum Tahir Foundation Jonathan Tahir menyerahkan secara simbolis donasi pendidikan tersebut kepada Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, yang disaksikan oleh Ketua MWA UI Saleh Husin beserta jajaran pimpinan di lingkungan UI.

    Jonathan Tahir yakin bahwa pendidikan yang berkualitas sejalan dengan peningkatan kualitas hidup anak bangsa, karenanya Tahir Foundation terpanggil untuk mendukung dan bersinergi dengan UI untuk menghasilkan SDM yang unggul sesuai dengan program pemerintah agar Indonesia lebih maju dalam persaingan global di era Revolusi Industri 4,0 saat ini. "Harapan kami donasi ini dapat memberikan kontribusi yang positif untuk generasi yang akan datang daripada Negara tercinta kami," katanya.

    Pada tahun 2020, Dies Natalis UI mengusung tema 'UI Sebagai Pilar Daya Saing Bangsa', UI meyakini bahwa pendidikan berkualitas merupakan pilar penopang daya saing bangsa. Untuk itu, UI berkomitmen menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berkualitas untuk membangun SDM yang unggul, kompetitif dan turut berkontribusi pada Negara.

    Pada puncak peringatan Dies Natalis ke-70 UI, diumumkan para pemenang perlombaan yang diselenggarakan sebelumnya yaitu Lomba Dance Maumere, Tarik Tambang Pria, Tarik Tambang Wanita, Menghias Tumpeng, dan Gerak Jalan.

    Para peserta berasal dari Fakultas/Program Vokasi/Sekolah serta Pusat Administrasi UI. Peringatan Dies Natalis telah berlangsung sejak 1 Februari 2020.

    Adapun ragam kegiatan yang ditujukan bagi para karyawan dan sivitas akademika UI, mulai dari Orasi Ilmiah oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Kuliah Umum oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, serta perlombaan yang ditujukan bagi Sivitas Akademika UI, karyawan dan juga para jurnalis. (son)