Pelni Pastikan Jual Tiket Sesuai Kapasitas di Kapal

    92
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) telah menerapkan kebijakan penjualan tiket sesuai kapasitas seat atau tempat tidur di kapal. Kebijakan pengaturan penjualan 1 tiket 1 tempat tidur atau one man one seat sudah diberlakukan di seluruh kapal sejak Kamis, 1 Agustus 2019. Namun, untuk kepentingan masyarakat, pada peak season kebijakan tersebut diberikan toleransi sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku.

    Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro di Jakarta, Kamis (13/2) mengatakan, selesai angkutan peak season baik Lebaran dan Natal Tahun Baru (Nataru), Pelni tidak memberikan toleransi kelebihan penumpang seperti sebelumnya. Penjualan tiket diatur disesuaikan dengan kapasitas tempat tidur di kapal. Hal ini demi menjaga keselamatan dan kenyamanan selama pelayaran. "Kami mendengarkan masukan dari pelanggan, di mana sisi keselamatan dan kenyamanan pelanggan untuk perolehan kapasitas tempat tidur selama berlayar di kapal PELNI ini menjadi sebuah kebutuhan para pelanggan,” terang Yahya.

    Lebih lanjut Yahya menegaskan bahwa pelayanan pembelian tiket kapal Pelni sudah bisa melalui online. Pemesanan tiket cukup melalui aplikasi dan mencetak tiket dapat dilakukan pada saat akan berangkat di pelabuhan. "Penumpang cukup pesan tiket via HP, bayar pakai ATM atau internet banking, dapat kode booking dan print tiket saat akan berangkat di pelabuhan. Tidak usah dipirint di kantor cabang, cukup di pelabuhan keberangkatan. Kami ingin penumpang tidak repot," katanya.

    Perseroan yang berdiri pada 28 April 1952 ini juga sedang memperbaiki tampilan kapalnya. Toilet, tempat sampah, vinil, restoran, dinding dan tanda-tanda di kapal dipermak lebih kekinian dan memudahkan konsumen. “Kapal sebagai sarana pelayanan tampilannya kami buat lebih menarik dan eye catching agar penumpang lebih dapat menikmati pelayaran bersama PELNI," imbuhnya.

    Kepada masyarakat, Yahya  menghimbau untuk dapat merencanakan perjalanannya dengan baik, sehingga dapat memesan tiket dari jauh hari untuk menghindari kehabisan tiket dan juga berterima kasih kepada para pengguna kapal Pelni atas dukungan pemberlakuan penjualan tiket sesuai kapasitas bed di kapal. (son)