UPP Pemenang Buka Gerai Pengukuran Kapal Gratis

    107
    LOMBOK (Bisnisjakarta)-
    Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Pemenang –  Lombok membuka pendaftaran pengukuran kapal gratis khusus kapal dibawah GT 7. "Sejak dibuka 12 Februari 2020, tercatat lebih dari 40 nelayan yang sudah melakukan pendaftaran untuk selanjutnya menjalani uji ukur kapal," kata Kepala KUPP Pemenang Heru Supriyadi di Lombok, Kamis (13/2).

    Menurut Heru, antusiasme masyarakat untuk mengurus dokumen tersebut tidak lepas dari sosialisasi yang dilakukan terus menerus baik secara langsung maupun melalui pamflet atau brosur. Pria asal Situbondo itu prihatin, karena ada beberapa nelayan yang memiliki dokumen kapal palsu, akibat ketidaktahuan mereka serta prosedur pengurusan dokumen kapal.

    Menurut Heru, pembukaan gerai pengukuran Kapal GT 7 ini berlangsung selama satu bulan dari tanggal 12 Februari sampai dengan 11 Maret mendatang.

    Heru mengatakan, pelaksanaan gerai kapal ini dilaksanakan sesuai aturan dan prosedur serta arahan dan edaran Dirjen Hubla ke seluruh UPP di seluruh Indonesia.

    Sementara itu, dalam pelaksanaan kegiatan gerai pengukuran kapal UPP Pemenang menurunkan semua personil di antaranya ada dua ahli ukur. "Sehari kita bisa menyelesaikan ukur kapal antara 25 sampai 30 kapal, dan nantinya akan ada serimoni penyerahan sertifikat," ungkap Heru yang baru sebulan menjabat. (son)