Pemerintah Diminta Segera Tentukan Destinasi yang akan Diberi Diskon Tiket Pesawat

    30
    JAKARTA (Bisnisjakarta)- 

    Pemerintah didorong segera menentukan destinasi-destinasi yang nantinya akan diberikan diskon, serta menggandeng maskapai swasta terkait pemberian diskon tiket pesawat.

    Penegasan disampaikan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyusul rencana pemberian diskon sebesar 30 persen dari tarif riil serta 50 persen untuk perjalanan dengan biro wisata, guna mendongkrak kembali iklim wisata nasional. "Mendorong pemerintah segera menentukan destinasi-destinasi yang nantinya akan diberikan diskon, serta menggandeng maskapai swasta terkait pemberian diskon tiket pesawat," ucap Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/2).

    Untuk diketahui Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat kabinet menyatakan akan memberikan diskon sebesar 30 persen untuk wisatawan asing dan lokal. Hal ini dilakukan untuk memberikam stimulus ke dunia pariwisata Indonesia yang menurun akibat wabah virus corona.

    Bamsoet juga mendorong kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) agar memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk dapat mempromosikan destinasi-destinasi pariwisata Indonesia, khususnya destinasi pariwisata yang akan diberikan diskon, guna meningkatkan kembali minat bagi wisatawan berwisata ke Indonesia;

    Selain itu, Kemenpar Ekraf bersama Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) juga didesak untuk segera meminta para Duta Besar Indonesia yang berada di negara penempatan masing-masing, untuk dapat turut mempromosikan pariwisata-pariwisata yang ada di Indonesia;

    Bamsoet mengatakan MPR RI mendukung langkah-langkah pemerintah untuk terus menyiapkan strategi-strategi serta upaya terstruktur dalam mengatasi penurunan jumlah wisatawan di Indonesia usai mewabahnya virus corona (Covid-19). (har)