Pelni Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona

    68
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) melaksanakan sosialisasi pencegahan dan tatalaksana infeksi virus covid-19 atau Corona di atas KM Ciremai yang sedang sandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (4/3).

    Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan antisipasi awal yang dilakukan Perseroan sebagai Perusahaan pada bidang transportasi laut yang selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan. "Kapal-kapal penumpang kami memiliki rute pelayaran yang panjang dan 1 trip perjalanan (PP) dapat memakan waktu hingga dua minggu, sehingga melalui kesempatan ini kami kembali memberikan edukasi kepada Nakhoda dan ABK dalam melakukan tindakan preventif bagi penumpang," terang Yahya.

    ABK juga mulai melakukan sosialisasi dan memberikan himbauan kepada para penumpang kapal melalui pengumuman yang diberikan setiap 3 jam sekali. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan guna menjaga kenyamanan dan keamanan selama pelayaran berlangsung.

    Kegiatan sosialisasi ini tidak hanya dilakukan di KM Ciremai saja tetapi juga dilakukan pada seluruh kapal yang dioperasikan Pelni. "Selain itu manajemen juga melaksanakan sosialisasi di kantor pusat dan cabang. Hal ini tentu untuk menjaga dan mewaspadai kondisi kesehatan di wilayah lingkungan kerja Pelni," jelas Yahya.

    Yahya menghimbau kepada seluruh calon penumpang, sebelum membeli tiket untuk benar-benar memastikan kondisi kesehatan. Serta kepada para penumpang jika dalam perjalanan merasa kurang sehat, harap segera melapor kepada petugas atau langsung datang ke poliklinik kapal yang dibuka 24 jam

    Selain memastikan kondisi kesehatan, Perusahaan juga menghimbau kepada penumpang untuk selalu memperhatikan kebersihan kapal. "Kebersihan kapal pun selalu kami jaga selama 24 jam. Kami turut menghimbau bagi para penumpang kapal untuk turut serta menjaga kebersihan kapal selama pelayaran berlangsung agar perjalanan semakin nyaman," tutup Yahya.

    Pelni sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas. Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 46 trayek kapal perintis yang menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas. (son)