BPTJ Dukung Pencegahan Penularan Virus Corona

    35
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Terminal-terminal di bawah pengelolaan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) siap mendukung upaya Pemerintah dalam mencegah dan mengendalikan penularan virus Corona Covid-19.

    Kesiapan tersebut salah satunya dilakukan dengan penyediaan alat pendeteksi suhu tubuh (thermometer gun) di seluruh terminal di bawah pengelolaan BPTJ meliputi Terminal Jatijajar, Depok; Terminal Baranangsiang, Bogor; Terminal Pondok Cabe; Tangerang Selatan dan Terminal Poris Plawad, Tangerang.

    Petugas juga telah siap untuk melakukan pengukuran suhu tubuh baik terhadap kru maupun calon penumpang di masing-masing terminal bus. Disamping itu, masing-masing terminal juga telah melakukan koordinasi dengan fasilitas-fasilitas kesehatan terdekat sebagai langkah lanjut jika nantinya terdapat penumpang atau kru yang terdeteksi memiliki suhu tubuh tinggi.

    Untuk memastikan kesiapan di lapangan, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, Polana B. Pramesti melakukan kunjungan kerja di Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat, Rabu, (04/03).

    Dalam kunjungan tersebut Kepala BPTJ memberikan arahan langsung kepada petugas untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh supaya layanan kepada masyarakat di Terminal Jatijajar tetap dapat berjalan dengan optimal. “Sebagai pelayan masyarakat, saya harap para petugas selalu menjaga daya tahan tubuh seperti menjaga pola makan sehat, menggunakan masker dan menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sesering mungkin,” ujar Polana.

    Polana juga mengimbau kepada para petugas untuk tidak panik dalam menghadapi wabah virus Corona Covid-19. “Tetap tenang dan tidak perlu panik karena kunci dari pencegahan virus ini adalah pola hidup sehat dan menjaga kebersihan serta meningkatkan daya tahan tubuh,” tegas Polana.

    Selain memberikan arahan mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mencegah dan mengendalikan Virus Corona Covid-19 kepada para pegawai terminal, sosialisasi juga dilakukan langsung kepada para operator dan calon penumpang melalui media luar ruang seperti penempatan spanduk atau banner di titik-titik strategis di terminal-terminal.

    Surat Edaran

    BPTJ juga telah mengeluarkan Surat Edaran dengan nomor : SE.4 BPTJ TAHUN 2020 tentang “Pencegahan Resiko  Penularan Infeksi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang ditujukan kepada Para Operator Angkutan Umum dan Para Koordinator Terminal di Jabodetabek.

    Dalam surat yang dikeluarkan tanggal 4 Maret 2020 tersebut, operator angkutan umum dan koordinator terminal di Jabodetabek dipandang perlu untuk melakukan langkah-langkah pencegahan virus dimaksud.

    Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan diantaranya adalah kewajiban memiliki alat pendeteksi suhu tubuh (thermometer gun) untuk calon penumpang angkutan umum, menyiapkan petugas stand by pada pintu masuk halte/stasiun untuk mengukur tubuh setiap penumpang yang datang, mewajibkan petugas melayani penumpang untuk menggunakan masker, menyiapkan sanitizer di pintu-pintu masuk terminal dan/atau stasiun, memerintahkan petugas cleaning service lebih sering membersihkan tempat-tempat terpegang penumpang seperti tripod gate (akses masuk penumpang) atau ruang tunggu penumpang, melakukan sosialisasi risiko penularan COVID-19, serta berkoordinasi dengan rumah sakit terdekat untuk merujuk calon penumpang yang teridentifikasi. (son)