Cegah Virus Corona, Penumpang Tujuan Labuan Bajo Diperiksa Ketat

    192
    MANGGARAI BARAT (Bisnisjakarta)-
    Dalam rangka mencegah dan menangkal penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) atau Virus Corona di wilayah Pelabuhan, Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan terus memperketat pengawasan kepada penumpang kapal, baik penumpang yang debarkasi maupun yang embarkasi.

    Melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Labuan Bajo, petugas di pelabuhan senantiasa melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada seluruh penumpang yang naik maupun turun kapal sesuai Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19. "Sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor SE 8 Tahun 2020 tentang Langkah Siaga Penyebaran Virus Corona di Wilayah Pelabuhan Indonesia, kami selaku petugas di lapangan senantiasa memastikan penumpang kapal yang tiba di terminal kedatangan telah melewati alat pemindai suhu tubuh guna memastikan tidak ada yang terinfeksi virus corona," ujar Kepala Kantor UPP Kelas II Labuan Bajo Simon B. Baun di Kantor UPP Kelas II Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, Selasa (24/3).

    Baca Juga :   Dayung Tambah Dua Emas SEA Games Hari Ini

    Jika terdapat salah seorang penumpang yang diperiksa didapati sedang demam dimana suhu tubuhnya melebihi 38 derajat celcius, Simon mengatakan bahwa Ia telah bekerjasama dengan pihak Karantina Kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sesuai ketentuan. "Kami juga telah menyediakan hand sanitizer di wilayah pelabuhan yang dapat digunakan oleh para penumpang kapal untuk menjaga kebersihan tangan," kata Simon.

    Sebagai informasi, Kantor UPP Kelas II Labuan Bajo juga telah melakukan pemeriksaan gabungan kepada penumpang kapal bersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), PT. Pelni, Syahbandar, Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Laut, TNI Angkatan Laut dan Basarnas di Kapal Penumpang KM Tilong Kabila, Minggu (23/3).

    Setelah itu, tim gabungan juga melakukan rapat kontinu setiap rencana kedatangan kapal penumpang PT Pelni atau PT ASDP di kantor UPP Kelas II Labuan Bajo.

    Pada akhir kesempatan, tidak lupa juga Simon mengingatkan kepada masyarakat untuk turut berperan aktif membantu Pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona dengan tetap melakukan aktivitas atau pekerjaan dari rumah. "Lakukanlah aktivitas di luar rumah seperlunya, seperti untuk urusan kesehatan ataupun membeli bahan makanan, jangan lupa untuk melakukan social distancing. Kami tetap bekerja untuk anda, anda tetap di rumah untuk kami," tutup Simon. (son)