Paket Dijamin Sampai, JD.id Ajak Pelanggan Tetap di Rumah Aja

    37
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    JD.id, sebagai perusahaan e-dagang yang terafiliasi dengan JD.com, berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik, dipercaya, dan dapat diandalkan bagi seluruh pelanggan meskipun di tengah situasi penyebaran corona (COVID-19) di Indonesia. Hal ini dilakukan agar kegiatan berbelanja pelanggan bisa jadi lebih mudah, tanpa ada rasa resah.

    Pada implementasi-nya, JD.id akan fokus untuk menyiapkan layanan end-to-end terbaik, mulai dari warehouse, drop point, kurir, customer service, hingga purna jual (after sales). Selain itu, JD.id juga melakukan berbagai tindakan pencegahan untuk memastikan kebersihan lingkungan kerja, stok barang, paket siap kirim, serta kesehatan dan keselamatan seluruh pegawai.

    Berikut adalah beberapa upaya yang dilakukan JD.id pada setiap aspek layanan, sebelum dan bahkan sesudah paket sampai ke tangan pelanggan, diantaranya memastikan warehouse, drop point, dan pegawai yang bertugas selalu dalam kondisi bersih dan sehat.

    Karena kesehatan dan keselamatan pegawai maupun pelanggan adalah prioritas utama bagi JD.id, maka perusahaan telah menerapkan serangkaian kebijakan internal. Kebijakan tersebut dinamakan 5R, yakni Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin merupakan pedoman kerja yang selama ini telah diterapkan oleh pegawai warehouse maupun drop point.

    Salah satu contoh adalah pelaksanaan aturan Wajib Sanitasi Higienis secara ketat, mulai dari sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan sebelum pegawai memasuki area kerja, pengecekan suhu tubuh secara rutin, kewajiban mencuci tangan atau pemakaian cairan pembersih tangan, dan penggunaan sarung tangan & masker bagi seluruh pegawai warehouse. Hal ini dilakukan demi menjaga agar barang-barang bebas segala virus dan bakteri. Selain melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area warehouse, JD.id juga melakukan penyemprotan di semua area drop point.

    Penambahan stok barang di warehouse secara berkala.
    Salah satu prioritas utama JD.id adalah penambahan stok barang secara berkala. Melalui upaya ini, JD.id dapat memastikan kuantitas stok produk yang memadai, terlebih dalam hal pasokan makanan, produk kesehatan, dan obat-obatan, yang saat ini paling diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat.

    Mengecek dengan teliti setiap barang yang diterima dari supplier saat proses loading dan melakukan quality control secara rutin.
    Tidak sekedar terima jadi, adalah salah satu moto yang dipegang teguh oleh pegawai warehouse saat proses loading barang oleh supplier. Dalam proses ini, pegawai warehouse JD.id secara teliti mengecek sampel dari barang yang dikirim untuk memastikan barang tersebut memiliki izin edar yang resmi, memiliki info tanggal kadaluarsa yang jelas, dan layak untuk dipakai atau dikonsumsi. Pegawai warehouse juga secara rutin melakukan quality control untuk memastikan penerimaan, penyimpanan, pengambilan, pengemasan, dan pengiriman barang dari warehouse berlangsung sesuai standar yang berlaku.

    Mengemas paket pesanan pelanggan dengan rapi sesuai SOP. JD.id selalu memastikan paket siap kirim sudah sesuai dengan Standard of Procedure (SOP) yang berlaku. Tiap- tiap paket akan dikemas dengan rapi, kemudian dicek ulang sebelum akhirnya diserahkan kepada kurir untuk dikirim.

    Armada pengiriman yang layak dan rutin dibersihkan. Selain pegawai, barang-barang, warehouse, dan drop point yang dipastikan kebersihan dan keselamatan-nya, JD.id juga melakukan pembersihan dan pengecekan secara rutin atas armada pengiriman. Secara berkala armada akan di cek kelayakan-nya, hingga kemudian dibersihkan, sebelum akhirnya digunakan untuk mengantar paket pesanan ke drop point atau langsung ke rumah pelanggan. Hal ini berarti tidak satu titik pun yang terlewatkan oleh JD.id dalam mempersiapkan dan mengirimkan paket pesanan kepada pelanggan.

    Mengantarkan paket pesanan langsung ke pintu rumah.
    JD.id memberikan pengalaman belanja online yang nyaman kepada para pelanggan dengan mengantarkan kebutuhan sehari-hari langsung ke pintu rumah. Rantai pasokan dan layanan logistik JD.id yang lebih awas dari sebelumnya, melalui kerjasama dengan beberapa perusahaan logistik terkemuka dengan kurir yang sigap dan tanggap, akan memastikan paket pelanggan sampai di tempat tujuan dengan cepat dan selamat.

    Merespon dan menangani setiap permohonan pelanggan dengan tanggap. Setiap hari selama 24 jam penuh tim Customer Service (CS) JD.id siap untuk melayani seluruh pelanggan, mulai dari menjawab pertanyaan, hingga menanggapi pengajuan komplain atau refund. Tim CS JD.id yang terdiri atas sumber daya berpengalaman akan berusaha untuk memberikan layanan terbaik dengan cepat, akurat, dan tanggap.

    Menangani permohonan retur pelanggan dengan teliti dan cekatan. Dikarenakan alasan tertentu, terdapat beberapa pelanggan yang ingin mengajukan penukaran atau pengembalian produk yang telah dibeli. Oleh karena itu, kami menghadirkan tim purna jual yang teliti dan cekatan dalam menangani permintaan pelanggan tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan pelanggan puas belanja di JD.id, bahkan setelah barang sampai di tangan mereka sekalipun.

    Marketing Chief JD.id, Mia Fawzia mengungkapkan kesiapan JD.id untuk menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia walaupun dalam kondisi yang sulit sekalipun, “JD.id telah berdiri sejak tahun 2016, dan sejak saat itu kami terus berusaha untuk memberikan pengalaman belanja yang terbaik kepada para pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka. Bersama-sama dengan para seller dan supplier, kami akan berupaya untuk melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, meskipun dalam situasi yang penuh tantangan seperti saat ini.

    “Kami mengajak para seller dan supplier untuk mematuhi, mendukung, dan mempromosikan upaya pemerintah, khususnya dalam hal pengendalian harga untuk produk-produk seperti bahan makanan, produk kesehatan, obat-obatan, dan lainnya. JD.id akan secara rutin mengawasi hal ini, demi menjamin harga produk yang kompetitif. Lebih lanjut, menanggapi kebijakan pemerintah yang berlaku saat ini, kami juga ingin menghimbau seluruh masyarakat untuk tetap di rumah, sementara kami menyediakan kebutuhan kalian dan mengantarkan-nya sampai ke pintu rumah," jelas Mia Fawzia.

    Tepat di hari ini (28 Maret 2020), JD.id-pun merayakan hari jadi-nya yang ke-4. Bagi JD.id, bentuk perayaan hari jadi yang paling tepat bagi adalah dengan memastikan setiap aspek layanan dalam kondisi prima, sehingga memberikan kenyamanan dan kepuasan berbelanja yang maksimal kepada seluruh pelanggan.

    Selain itu, di hari yang spesial ini, JD.id juga menggelar serangkaian program promo dan potongan harga (diskon) yang menarik, setiap hari selama 24 jam nonstop. Program ini bertajuk “JD4U” (JD Four You) dan telah berlangsung sejak tanggal 26 hingga 31 Maret mendatang, untuk seluruh pelanggan JD.id. "Karena kami akan terus berusaha untuk penuhi kebutuhan pelanggan, biar mereka merasa aman, jadi lebih nyaman, dan tetap #DiRumahAja," tutup Mia Fawzia. (son)