Penanganan Virus Corona, PLN Salurkan Bantuan Rp10,2 Miliar

    22
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyalurkan bantuan untuk penanganan COVID-19 melalui Kementerian BUMN senilai Rp10,2 miliar. "Sebagai perusahaan BUMN, tentu kami ingin hadir untuk turut serta membantu menangani COVID-19 yang sedang mewabah di Indonesia. Semoga upaya yang kami lakukan ini dapat membantu menghentikan penyebaran COVID-19 di Indonesia," kata Direktur Human Capital Management PLN, Muhammad Ali dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (17/4).

    Ia mengatakan, pihaknya akan terus berkomitmen untuk mendukung penanganan pandemi virus corona atau COVID-19 yang terjadi di Indonesia, selain menjaga pasokan listrik yang andal untuk masyarakat dan rumah sakit.

    Muhammad Ali yang juga Ketua Tim Manajemen Krisis COVID-19 PLN, menyampaikan bantuan yang disalurkan melalui Kementerian BUMN antara lain 6.002 baju hazmat, 19.573 masker, 22.624 sarung tangan.

    Selain itu, sebanyak 30 kaca mata, 190 pelindung wajah, 1.700 penutup kepala, 1.948 liter hand sanitizer, 30 jerigen disinfektan, 3 buah thermo gun, serta 70 paket lengkap Alat Pelindung Diri yang terdiri dari baju hazmat, sarung tangan, pelindung wajah, sepatu boot, kaca mata, dan masker N95. "Tahap ini memang kami prioritaskan untuk APD dan keperluan rumah sakit, karena mereka merupakan garda terdepan penanganan COVID-19 ini. Para tenaga medis yang berjuang di rumah sakit untuk mengobati para pasien harus kita dukung dengan membantu menyediakan perlengkapannya," katanya.

    Ia menambahkan bantuan yang diberikan merupakan hasil penggalangan dana yang dilakukan oleh Tim Manajemen Krisis COVID-19 PLN kepada mitra kerja PLN. "Melihat besarnya sebaran COVID-19 ini, kami berinisiatif untuk mengajak mitra kerja sinergi mengumpulkan bantuan, jadi ini sifatnya tidak mengikat. Syukur, bantuan yang terkumpul cukup banyak," ujarnya.

    Selain bantuan berupa barang mitra kerja PLN, PT Sumber Segara Primadaya yang berlokasi di Cilacap juga telah memberikan bantuan sebesar Rp10 miliar yang telah disalurkan melalui Yayasan BUMN Hadir untuk Negeri untuk membantu penanganan COVID-19.

    Sekretaris Menteri BUMN, Susyanto memberikan apresiasi kepada PLN yang sudah ikut serta sinergi memberikan bantuan guna menangani COVID-19. "Terima kasih PLN yang sudah bersinergi mendukung penanganan COVID-19 di Indonesia," tutur Susyanto. (son)