BNPB Terima Hibah Masker Sitaan Bea Cukai

    19
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan menghibahkan Surgical Masker merk 3M type N95 sebanyak 21.000 pcs kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk keperluan penanganan COVID-19.

    Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, Syarif Hidayat dalam pernyataan di Jakarta, Senin (20/4) menyatakan masker yang dihibahkan tersebut merupakan tegahan Bea Cukai yang telah menjadi Barang Milik Negara. "Masker yang dihibahkan ini merupakan bagian dari keseluruhan barang hasil tegahan Bea Cukai Soekarno Hatta dari tahun 2018 yang tidak diurus oleh pemiliknya maupun tidak dapat memenuhi ketentuan perijinan impor," ujarnya.

    Syarif menjelaskan hibah yang dilaksanakan oleh otoritas kepabeanan dan cukai ini merupakan tindak lanjut dari proses lelang yang telah dibatalkan sebelumnya oleh Bea Cukai Soekarno Hatta pada Jumat (17/4).

    Pembatalan tersebut didasarkan pada kondisi dimana Indonesia masih membutuhkan banyak masker mengingat adanya wabah pandemi COVID-19. "Kami berharap dengan sumbangsih ini dapat membantu BNPB dalam pemenuhan kebutuhan masker untuk tenaga medis dan masyarakat yang membutuhkan," kata Syarif.

    Syarif memastikan institusi akan terus berupaya untuk memberikan kemudahan dalam penyediaan barang bagi keperluan penanganan kesehatan dengan pemberian fasilitas kepabeanan dan percepatan layanan impor.

    Ditjen Bea Cukai, BNPB, beserta Kementerian/Lembaga terkait selalu bersinergi dan bahu membahu dalam memberikan kemudahan dan fasilitas terkait penyediaan barang khususnya untuk penanggulangan COVID-19. (son)