DPR-Pemerintah Sepakat, Pasar Rakyat Tetap Buka Saat Pandemi Corona

    21
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Pemerintah dan Komisi VI DPR RI mendukung pasar rakyat tetap buka selama masa pandemi COVID-19 melalui Rapat Bersama Virtual Pimpinan Komisi VI DPR, Kementerian Perdagangan, Kementerian Dalam Negeri, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan beberapa asosiasi terkait. “Peserta rapat secara virtual mendukung pasar rakyat tetap dibuka selama masa pandemi untuk menjaga keberlanjutan penyaluran hasil pertanian, peternakan, dan perikanan,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Oke Nurwan membacakan hasil rapat virtual, Sabtu (2/5).

    Selain itu, memastikan ketersediaan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, dan pemenuhan kebutuhan bahan pokok masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
    Baca juga: Kemendag bantu fasilitas kesehatan untuk 157 pasar rakyat

    Kemudian, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menerbitkan surat edaran kepada seluruh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi dan Kabupaten Kota untuk tetap dioperasikannya Pasar Rakyat di wilayahnya masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di lokasi pasar rakyat. “Selanjutnya, pemerintah pusat dan pemerintah daerah akan terus menjaga pasokan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau,” ujar Oke.

    Pemerintah daerah, lanjut Oke, akan melakukan sosialisasi dan monitoring selama operasional pasar rakyat dengan melibatkan pemangku kepentingan terkait.

    Dalam waktu dekat, tambah Oke, akan dilaksanakan konferensi pers bersama terkait hal-hal yang telah disepakati tersebut. (son)