Kebutuhan SDM Jasa Bandara, BPSDMP Gandeng AP I

    32
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) dan PT Angkasa Pura I kembali menjalin kerja sama di bidang pengembangan dan pemenuhan kebutuhan SDM bidang Jasa Bandar Udara. Hal tersebut tertuang dalam Kesepakatan Bersama  yang ditandatangani Kepala BPSDM Perhubungan, Sugihardjo dengan Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi secara desk to desk di Jakarta, Selasa (19/5).

    Sebelum ditandatangani naskah Kesepakatan Bersama terlebih dahulu telah dibahas substansi antara kedua belah pihak. Setelah ditadatangani oleh Kepala BPSDMP, kemudian disirkuler kepada pihak AP I untuk ditandatangani oleh Direktur Utama. Kerja sama serupa telah dilakukan antara BPSDM Perhubungan dengan AP I pada tahun 2018. Keduanya telah menandatangani Kesepakatan Bersama tentang Pemenuhan Kebutuhan dan Pengembangan Sumber Daya di Bidang Jasa Bandar Udara pada mulai berlaku pada 9 April 2018 dan berakhir pada 9 April 2020 yang lalu. “Penandatangan Kesepakatan Bersama ini merupakan perbaruan dari yang sebelumnya dan telah kami bahas bersama hingga akhirnya hari ini ditandatangani secara desk to desk. Hal ini kami lakukan sebagaimana arahan Bapak Menteri Budi Karya Sumadi dalam berbagai kesempatan untuk mewujudkan link and match antara lulusan sekolah BPSDM Perhubungan dengan industri transportasi. Jadi, sumber daya manusia di bidang transportasi udara tidak hanya harus cakap, berkualitas, dan memiliki kompetensi sebagai diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, tapi juga harus mampu mengikuti perkembangan dan mengadopsi teknologi terbaru sesuai tuntutan industri penerbangan”, ungkap Sugihardjo.

    Dalam Kesepakatan ini, BPSDMP dan AP I sepakat untuk bersama-sama melakukan  peningkatan kualitas dan pengembangan sumber daya manusia melalui kerja sama pemanfaatan sarana dan prasarana, program pelatihan, pertukaran tenaga ahli dan program magang (Internship). “Di satu sisi, AP I memiliki kebutuhan untuk pemenuhan sumber daya manusia dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang jasa bandar udara, seperti petugas keamanan penerbangan atau AVSEC dan teknisi listrik Bandara, yang pendidikan dan pelatihannya ada di sekolah transportasi matra Udara di lingkungan BPSDM Perhubungan. Di lain pihak, melalui kerja sama ini diharapkan AP I dapat menyerap lulusan dari sekolah-sekolah transportasi udara untuk bekerja di Bandara yang dikelola AP I sesuai persyaratan dan kebutuhannya”, tambah Sugihardjo.

    Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan SDM di Bidang Jasa Banda Udara ini, nantinya akan ditundaklanjuti dengan lebih rinci dalam  Perjanjian Kerja Sama antara perwakilan AP I dengan Sekolah-Sekolah Transportasi Matra Udara di lingkungan BPSDM Perhubungan. (son)