Mastercard Tunjuk Dua Eksekutif Senior di Indonesia, Ini Profilnya

    50
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Mastercard secara resmi mengumumkan penunjukkan Navin Jain sebagai Country Manager PT Mastercard Indonesia dan Arief Kusuma sebagai Director and Head of Account Management PT Mastercard Indonesia.

    Navin Jain akan memimpin tim Mastercard di Indonesia dan mendorong Mastercard agar menjadi mitra pilihan bagi pelanggan, pemain digital, merchant serta pemerintah di Indonesia. Navin telah berkarir di Mastercard selama lebih dari 12 tahun dan memegang berbagai jabatan di Dubai, Mumbai, dan Jakarta.

    Sebelum bergabung dengan Mastercard, Navin bekerja untuk Infosys, ICICI Bank, dan Standard Chartered Bank di India, yang membuat Navin memiliki pengalaman yang beragam dalam berbagai fungsi.

    Sebelum ditunjuk sebagai Country Manager, Navin merupakan Head of Market Development PT Mastercard Indonesia yang bertugas mendukung pertumbuhan ruang pembayaran digital di negara ini.

    Sedangkan Arief Kusuma – dengan peran barunya sebagai Director and Head of Account Management PT Mastercard Indonesia – akan fokus dalam mendukung pertumbuhan Mastercard sebagai pemain teknologi pembayaran terdepan, sekaligus berkolaborasi dengan mitra bank, merchant, pelanggan, dan berbagai badan pemerintah guna memastikan Indonesia bergerak menuju ekosistem digital dengan inklusi keuangan yang lebih luas.

    Sebelum bergabung dengan Mastercard, Arief memiliki rekam jejak lebih dari 24 tahun di bidang sales, pengembangan bisnis, dan consulting dengan fokus pada industri layanan keuangan di Indonesia. Jabatan terakhir Arief adalah Sales Director Infosys Limited, di mana beliau bekerja bersama perbankan, layanan keuangan, serta sektor publik.

    Selain itu, Arief juga pernah menjabat sebagai direktur penjualan untuk beberapa perusahaan seperti Tech Mahindra, Oracle, IBM Misys (sekarang Finastra), serta TCS BANCS.

    Safdar Khan, Division President, SEA Emerging Markets, Mastercard, mengatakan, Indonesia merupakan salah satu pasar mobile commerce dengan pertumbuhan tercepat di dunia, yang saat ini bernilai USD7,1 miliar, sebuah angka yang diproyeksikan akan terus meningkat dengan cepat seiring meningkatnya penetrasi smartphone. Pada tahun 2020, total nilai transaksi Indonesia di segmen pembayaran digital berjumlah USD38.016 juta, sebagian besar didorong oleh digital commerce.

    Mengingat lanskap pembayaran yang berkembang di Indonesia, kepemimpinan baru Mastercard di Indonesia akan menjadi sangat penting dalam memungkinkan mitra, pelanggan, dan sektor publik untuk memaksimalkan peluang yang kian meningkat guna menciptakan masyarakat yang inklusif secara digital.

    Navin dan Arief akan membawa pengalaman dan pengetahuan mereka yang luas di industri layanan keuangan. Mereka juga berada di posisi yang tepat untuk memperkuat dukungan Mastercard di Indonesia terhadap pemerintah dalam menciptakan masyarakat non-tunai, serta mempercepat inklusi keuangan. (son)