10 Kebiasaan Baru Penumpang Pesawat Menuju New Normal

    31
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Pandemi global COVID-19 membawa perubahan di sektor penerbangan dunia termasuk juga di Indonesia. Di Indonesia, stakeholder penerbangan nasional merespons pandemi dengan melakukan adaptasi supaya operasional penerbangan khususnya tetap terjaga.

    Penumpang pesawat misalnya melakukan adaptasi kebiasaan baru untuk menuju new normal dengan mengubah perilaku yang lebih mengedepankan aspek kesehatan dan kebersihan. “Pemandangan penumpang pesawat yang berhenti di depan mesin otomatis hand sanitizer untuk kemudian membersihkan tangan adalah hal yang biasa. Mereka kini lebih memperhatikan aspek kesehatan dan kebersihan,” jelas President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

    Berikut kebiasaan baru penumpang pesawat dan pengunjung di bandara-bandara PT Angkasa Pura II yaitu Menggunakan masker, Sering mencuci tangan, Menerapkan physical distancing, Menjalani PCR Test atau Rapid-test, Membawa dokumen sebagai syarat perjalanan.

    Selain itu, Tiba lebih awal 2-3 jam,  Memilih layanan touchless, Mengukur suhu tubuh, Self check-in, Transaksi Cashless,

    Travelation

    Adapun PT Angkasa Pura II dalam waktu dekat juga akan meluncurkan Travelation untuk memeriksa dokumen secara digital. Melalui Travelation, calon penumpang pesawat dapat mengunggah berkas yang diperlukan sebagai syarat diperbolehkan terbang.

    Awaluddin mengatakan digitalisasi di segala aspek memang menjadi suatu keharusan terlebih di saat kondisi seperti ini. “Tuntutannya adalah efisiensi dalam hal waktu di tengah adanya prosedur tambahan yang harus dijalani penumpang pesawat, dan salah satu solusi adalah melalui Travelation,” jelas Awaluddin. (son)