UMKM Binaan Pelni Panen Udang Dimasa Pandemi Covid-19

    28
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Sebagai Perusahaan yang bergerak pada sektor transportasi laut, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) memiliki mitra binaan yang bergerak pada berbagai industri yang meliputi perikanan, peternakan, perdagangan, dan industri kecil. Dapat disampaikan bahwa hingga triwulan 1 mitra binaan Pelni tercatat mencapai 803 mitra.

    Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro menyampaikan, ditengah pandemi Covid-19, salah satu mitra binaan Pelni yang terletak di Demak, Jawa Tengah kini tengah panen udang faname. “Dimasa pandemi Covid-19 ini justru salah satu mitra binaan kami yang menekuni usaha budidaya udang di wilayah Jawa Tengah saat ini tengah panen,” ungkapnya.

    Yahya menambahkan, Perusahaan selalu mendukung dan membina para mitra karena sektor pertanian, perikanan, dan peternakan menjadi sektor ekonomi andalan dalam menyangga perekonomian di Indonesia.

    Salah satu mitra Pelni yang bergerak pada bidang budidaya udang faname, Nur Wachid, menyampaikan bahwa ia menerima dana bantuan kemitraan yang kedua sebesar Rp 40 juta pada 2019 dan telah panen pada awal bulan Juni 2020.

    Berbeda dengan Nur Wachid, Sri Utami salah satu mitra Pelni yang berasal dari daerah yang sama juga tengah panen udang faname. Ibu Sri menjadi mitra Pelni sejak tahun 2017 dan mendapat pinjaman kemitraan sebesar Rp 40 juta. “Panen kali ini cukup banyak dan harganya juga bagus. Kami berterima kasih kepada Pelni sebagai BUMN Pembina dan pemberi bantuan yang sangat bermanfaat untuk membantu dalam pengembangan usaha tambak udang. Setelah panen kami segera membersihkan kolam dan memberikan obat anti virus agar udang dalam kondisi sehat,” terangnya kepada Manager PKBL Sinta Nuriyah di Jakarta, Kamis (25/6).

    Lebih lanjut Yahya menjelaskan, dalam satu tahun para mitra dapat panen hingga 3-4 kali dan mampu menghasilkan hingga 35 – 40 juta.

    Satu dari puluhan kegiatan PKBL dan CSR BUMN adalah menjadi mitra binaan bagi UMKM. Keberhasilan membina mitra binaan memberikan kebanggaan bagi perseroan. Pelni yang bergerak di jasa transportasi laut bermitra dengan dengen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan memprioritaskan usaha perikanan, bantuan kepada nelayan dan industri perikanan. (son)