AP II Tawarkan Tujuh Proyek Pengembangan Bandara Senilai Rp 16 Triliun

    26
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II  menyelenggarakan kegiatan Market Sounding proyek-proyek PT Angkasa Pura II dalam rangka mempersiapkan pembukaan kembali ekonomi pada kondisi kenormalan baru. Kegiatan diselenggarakan secara daring, Selasa (30/6).

    Market Sounding ini merupakan tahapan awal dalam penyiapan 7 (tujuh) proyek infrastruktur yang ditawarkan oleh PT Angkasa Pura II. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan masukan publik serta mencari mitra strategis dalam pengembangan bisnis proyek infrastruktur yang ditawarkan tersebut.

    Plt. Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Nurul Ichwan mengapresiasi PT Angkasa Pura II atas semangatnya melakukan sosialisasi peluang investasi yang dimilikinya pada kondisi pandemi COVID-19 saat ini. BKPM mendukung penuh pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan oleh PT Angkasa Pura II.

    Sebagai pemilik dan pengelola bandara-bandara di Indonesia, PT Angkasa Pura II tidak hanya memiliki visi menjadi fasilitas yang melayani penerbangan, tetapi juga ingin menjadikan bandara di Indonesia sebagai bandara masa depan dengan infrastruktur yang nyaman dan terintegrasi dengan kawasan di sekitarnya. “Kami mendukung kegiatan ini karena pembangunan infrastruktur dan kemajuan ekonomi memiliki keterkaitan yang erat. Ini sudah dibuktikan ketika pemerintah fokus pada pembangunan infrastruktur di wilayah Indonesia Timur. Pada akhirnya, kegiatan ekonomi khususnya peningkatan investasi di Indonesia Timur semakin baik. Sehingga apapun yang kita lakukan, infrastruktur harus hadir lebih dulu sebelum bisnis-bisnis lainnya hadir,” jelas Nurul.

    Pada kesempatan ini, PT Angkasa Pura II menjabarkan 7 (tujuh) proyek infrastruktur yang ditawarkan yaitu 4 Stars Hotel at Soekarno Hatta Airport International Terminal, Aeroland City Development Project at Tangerang, Retail Area Management for AP II Airports, Concession Agreement for Advertising Management for AP II Airports, Sky City at Soekarno Hatta Airport, Airport City at Kualanamu International Airport, dan Airport City at Supadio International Airport.

    Direktur Komersial PT Angkasa Pura II Ghamal Peris Aulia menyampaikan, PT Angkasa Pura II mengelola 19 bandara di seluruh Indonesia. Penyediaan 7 (tujuh) proyek infastruktur ini bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa bandara serta menciptakan customer experience yang baik, efektifitas dan efisiensi sistem operasi, serta model bisnis yang kompetitif. Sejalan dengan proyeksi akan membaiknya pertumbuhan ekonomi Indonesia, industri penerbangan dan kebandaraan diyakini akan kembali bergairah.

    Hal ini juga didukung dengan regulasi pemerintah untuk industri penerbangan. “PT Angkasa Pura II sebagai pengelola bandara terbesar di Indonesia, yang juga salah satu bandara tersibuk di Kawasan Asia dan dunia, yaitu Bandara Internasional Soekarno Hatta yang melayani penumpang sebanyak 54,2 juta pada tahun 2019 dan secara korporasi sebanyak 94 juta, tentunya dihadapkan pada tantangan bagaimana membuat akselerasi dalam dinamika bisnis,” katanya.

    Sebagai gambaran, potensi Bandara Internasional Soekarno Hatta sebagai Primary Internasional Hub dan Regional Hub adalah proyeksi pertumbuhan pergerakan angkutan udara untuk Bandara Internasional Soekarno Hatta yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. “Semoga kesempatan baik yang difasilitasi oleh BKPM ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh para peserta Market Sounding dan bisa memberikan nilai tambah dalam kerja sama di kemudian hari,” ujar Ghamal.

    Mengacu pada potensi pengembangan bisnis di industri kebandaraan yang semakin dinamis, salah satu upaya akselerasi bisnis yang akan dilakukan adalah dengan melakukan program kemitraan dengan investor yang kredibel di bidangnya, untuk 7 (tujuh) proyek tersebut dengan total nilai Rp16 triliun atau lebih dari USD1 miliar.

    Kerja sama dilakukan secara jangka panjang, sampai dengan 25 tahun, agar memberikan balik modal yang menjanjikan bagi investor walaupun dalam masa pandemi COVID-19.

    Kegiatan Market Sounding diikuti oleh lebih dari 250 partisipan dari Indonesia dan luar negeri, yang berasal dari perusahaan swasta dan BUMN di bidang konstruksi, pengembang/developer, pengelola bandara, ritel, periklanan, logistik, aviasi, pengelola kawasan, lembaga keuangan, konsultan, dan asosiasi usaha. (son)