BPTJ Kembali Operasikan Terminal Poris Plawad dan Jatijajar

    28
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Terminal Bus Poris Plawad, Tangerang dan Terminal Bus Jatijajar, Depok telah kembali melayani Bus Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) masing-masing mulai tanggal 20 Juni 2020 (Terminal Poris Plawad) dan tanggal 4 Juli 2020 (Terminal Jatijajar). Dengan demikian seluruh 4 (empat) terminal bus dibawah kewenangan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah sepenuhnya melayani Bus AKAP dimana terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan dan Terminal Baranangsiang, Bogor telah lebih dahulu kembali melayani Bus AKAP pada tanggal 8 Juni 2020 lalu. 

    Kepala BPTJ Polana B. Pramesti mengatakan, pembukaan kembali layanan operasional Bus AKAP pada Terminal Jatijajar Depok dan Poris Plawad Tangerang dilakukan atas rekomendasi dari pemerintah daerah atau gugus tugas yang ada di masing-masing wilayah. “Kami senantiasa berkomunikasi aktif dengan pemerintah daerah atau gugus tugas di masing-masing wilayah dan semangat kita tetap sama yakni fokus untuk dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19,” ungkap Polana.

    Untuk itu, Polana menambahkan, dalam memberikan layanan kepada masyarakat, terminal-terminal di Jabodetabek tetap harus menjalankan protokol kesehatan seperti penerapan physical distancing berupa pembatasan jumlah penumpang maupun pengaturan tempat duduk.

    Dari data yang tercatat pada 4 Terminal Bus dibawah pengelolaan BPTJ yaitu Terminal Jatijajar, Terminal Baranangsiang, Terminal Poris Plawad dan Terminal Pondok Cabe, pengguna layanan belum signifikan apabila dibandingkan dengan jumlah penumpang pada saat sebelum terjadi pandemi.

    Untuk Terminal Baranangsiang, Bogor, produksi rata-rata penumpang harian AKAP dari tanggal 8 Juni sampai dengan 5 Juli 2020 terdapat sekitar 105 orang. Sementara produksi rata-rata harian penumpang AKAP sebelum pandemi pada bulan Januari yang berangkat dari Terminal Baranangsiang tercatat sebanyak 1.636 orang.

    Untuk Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan, produksi harian rata-rata penumpang dari tanggal 8 Juni sampai dengan tanggal 5 Juli 2020 sekitar 15 penumpang. Sedangkan pada bulan Januari rata-rata harian keberangkatan penumpang dari terminal ini sebanyak 73 orang.

    Data produksi harian penumpang Terminal Poris Plawad yang baru mulai beroperasi tanggal 20 Juni, sampai dengan tanggal 5 Juli 2020 tercatat rata-rata kurang lebih 103 penumpang setiap hari. Sementara pada bulan Januari apabila dirata-rata, terdapat keberangkatan penumpang sekitar 654 orang setiap harinya.

    Sementara untuk Terminal Jatijajar Depok, telah memberangkatkan penumpang AKAP sebanyak 195 orang pada tanggal 4 Juli 2020 dan 167 penumpang pada tanggal 5 Juli 2020. Sebagai informasi pada Januari 2020 rata-rata harian penumpang AKAP yang berangkat melalui Terminal Jatijajar Depok mencapai 551 orang. (son)