Nelayan Pemekasan Terima Bantuan Sarana Melaut

    14
    BRANTA (Bisnisjakarta)-
    Pandemi Covid-19 tidak menghalangi Kementerian Perhubungan mewujudkan komitmennya meningkatkan keselamatan pelayaran, salah satunya adalah kegiatan Keselamatan Pelayaran yang diselenggarakan oleh Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Branta, Pamekasan Jawa Timur.

    Kegiatan yang dilaksanakan di halaman kantor UPP Kelas II Branta ini disambut gembira oleh ratusan nelayan di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur karena saat itu mereka mendapatkan bantuan ratusan sarana keselamatan. “Kami telah membagikan sebanyak total 845 sarana melaut secara gratis, yang terdiri dari 220 unit life jacket, 82 unit life buoy, dan juga 543 pas kecil,” jelas Kepala Kantor UPP Kelas II Branta, Edi Kuswanto.

    Meskipun dilaksanakan di tengah Pandemi, Edi menjelaskan bahwa kegitan ini tetap dilaksanakan dengan mengacu pada Protokol kesehatan, dengan menyiapkan Masker dan Sarung Tangan kepada Perwakilan Nelayan/Kapal tradisional penerima manfaat.

    Bantuan ini, menurut Edi disasar untuk diberikan kepada pemilik kapal nelayan dan kapal tradisional, yakni para nelayan di Pademawu, Branta Pesisir, Branta Tinggina, Pagagan, Padelegan, Kotasek dan Talang siring.

    Edi berharap kegiatan ini juga dapat memberikan pemahaman bagi masyarakat, khususnya para nelayan, bahwa mereka juga turut bertanggung jawab terhadap keselamatan jiwa di laut serta perlindungan lingkungan maritim.

    Selain itu, Edi mengungkapkan bahwa pihaknya masih memproses sebanyak 250 Pas Kecil untuk dibagikan kepada para Nelayan di Kabupaten Pamekasan. “Saya harap, upaya yang kita lakukan ini dapat menekab angka kecelakaan kapal sehingga menjamin keselamatan jiwa di laut,” ujarnya.

    Edi juga mengucapkan terima kasih kepada para pegawai UPP Kelas II Branta dan seluruh mitra kerja atas terselenggaranya kegiatan ini serta berpesan untuk terus memberi karya terbaik bagi Ibu Pertiwi.

    Sementara itu, Bupati Pamekasan, KH. Badrut Taman juga menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan positif ini dan mengucapkan terima kasih kepada Insan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub yang terus peduli akan keselamatan jiwa masyarakat nelayan Kabupaten Pamekasan. “Semoga program yang baik ini dapat dilaksabakan secara berkelanjutan sehingga dapat terus memberikan manfaat kepada masyarakat maritim,” pungkasnya. (son)