Maybank Optimalisasi Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

    17
    JAKARTA (Bisnisjakarta)-
    Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria mengatakan, dampak pandemi Covid-19 mengubah pola aktivitas masyarakat jadi lebih terpusat di rumah berkat kebijakan pembatasan fisik dan sosial. “Belum lagi dengan adanya pembatasan lalu lintas antar kota maupun antar negara,” kata Tazwin saat diskusi virtual Maybank Indonesia Webinar Economic Outlook 2020 di Jakarta, Rabu (22/7).

    Mengusung tema “Turning Pandemic into Opportunity”, webinar menghadirkan para pebisnis antara lain Vidjongtius, CEO, PT Kalbe Farma Tbk. dan Kusumo Martanto, CEO, Blibli.com yang mewakili bidang ritel dan e-commerce, Riko Abdurrahman, Presiden Direktur, PT Visa Worldwide Indonesia dan Vincent Iswara, CEO, DANA mewakili bidang jasa keuangan dan pembayaran.

    Forum diskusi yang diikuti lebih dari 1,200 peserta yang terdiri dari nasabah setia, pemerhati perbankan dan media tersebut menghadirkan pembicara utama Staf Khusus II Kementrian BUMN Prof. Dr. Mohammad Ikhsan.

    Tazwin mengatakan, pandemi Covid-19 telah menghambat aktivitas perdagangan, supply chain, distribusi produk dan jasa di hampir semua industri. “Menginjak era new normal, survival bisnis sangat bergantung pada kemampuan dan kecepatannya untuk beradaptasi dengan kondisi pasar agar dapat mempertahankan kelangsungan, produktivitas maupun menjaga profitabilitas bisnis,” ujar Taswin

    Ia menilai, adanya pergeseran pola konsumsi masyarakat yang ditanggapi sebagai peluang positif dan menjadi strategi baru yang efektif untuk menghadapi pasar era adaptasi kebiasaan baru yang rentan selama pandemi. “Masih banyak peluang yang muncul di masa pandemi yang dapat dioptimalkan oleh berbagai bisnis di Indonesia yang akhirnya bisa menjadi katalisator dalam menggerakkan kembali perekonomian dalam negeri,” papar Taswin

    Diskusi virtual diisi dengan sharing pengalaman dan insights melalui paparan singkat para pelaku usaha dari berbagai bidang yaitu ritel, e-commerce, dan jasa keuangan yang telah mampu mengubah pandemi menjadi peluang bisnis.

    Dengan menghadirkan perwakilan dari berbagai bidang, Maybank Indonesia berharap para pelaku usaha dan nasabah Maybank untuk dapat menggali ide dan gagasan dalam rangka menyusun strategi bisnis yang dapat diterapkan secara efektif. (son)