Manisnya Usaha Jamu Minura di Tengah Pandemi Covid-19

    62
    ADANYA pandemi Corona Virus Disease alias Covid-19 yang hingga kini masih melanda dunia, membuat masyarakat melakukan berbagai kreasi dan inovasi untuk menghasilkan sesuatu, yang tidak hanya untuk diri sendiri yaitu menghasilkan pendapatan bagi keluarga, tetapi juga berguna bagi orang lain.

    Di Kecamatan Ciledug – Kota Tangerang, seorang ibu rumah tangga menghasilkan pendapatan keluarga dengan memprodukai jamu berlabel Minura alias Minuman Nusantara. Tentu saja minuman ini berguna dan bermanfaat bagi orang lain terutama untuk menambah daya tahun tubuh di tengah pandemi Covid-19 ini.

    Dipasarkan secara daring, meski tak menutup penjualan secara langsung di warungnya, ibu Hajjah Widowati berhasil menjaring penikmat minuman tradisional itu hingga keluar kota. “Sering kali saya menerima orderan dari Bandung, dan luar Jabodetabek dengan menggunakan jasa pengiriman sameday,” papar ibu tiga orang anak ini.

    Dijual dengan kemasan menarik, Bude, begitu perempuan ini disapa para tetangganya, memproduksi jamu seperti Kunyit Asem, Temulawak, Beras Kencur, Jahe, Mpon-mpon, dll. “Minuman tradisional ini sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia, karena manfaatnya bagi daya tahan tubuh yang luar biasa,” kata Bude.

    Harga yang dipatok relatif terjangkau untuk sebuah minuman multi khasiat yaitu berkisar antara Rp13 ribu hingga Rp15 ribu untuk ukuran 500 ml. “Bagi reseller tentu akan mendapat harga spesial dan bonus,” kata Bu Wied, seraya mengatakan, untuk order atau informasi seputar produk bisa didapat melalui Instagram @sonyakinanti, @darawinata, @widowati_ahmad10. (son)