Kesalahan Umum pada Microwave yang Mungkin Anda Lakukan

56

Banyak di antara kita mungkin menganggap microwave sebagai alat masak yang lebih aman dari oven atau kompor biasa. Memang, itu sebagian besar benar. Namun, tetap penting untuk berhati-hati dan mengingat apa yang boleh dan tidak boleh kita bawa ke dalam microwave. Jika tidak, hal itu menimbulkan kebakaran di dapur. Berikut adalah artikel dari BestSpy Indonesia yang membahas tentang Cara Kerja Microwave.

Lalu, apa saja kesalahan umum yang mungkin Anda lakukan terkait penggunaan microwave?

 

  1.   Bahan makanan

Microwave secara luas digunakan untuk mengolah atau memanaskan makanan dengan cepat. Caranya pun praktis. Tinggal masukkan makanan, setel pengatur waktunya, dan tunggu prosesnya selesai. Namun demikian, ada jenis makanan tertentu yang tidak boleh kita masukkan ke dalam microwave.

  •   Telur mentah. Jika Anda ingin menyantap telur setengah matang, lebih baik Anda merebusnya dengan air di atas kompor. Telur mentah yang dipanaskan dengan microwave bisa meledak dan menyebabkannya berserakan.  
  •   Cabai. Bahan makanan ini mengandung capsaicin, ekstrak kuat yang dapat menyengat mata, hidung, dan tenggorokan begitu Anda membuka pintu microwave.
  •   Daging beku. Daging beku agak sulit diproses dengan microwave Tergantung ketebalannya, sulit untuk menentukan apakah bagian dalam daging beku sudah matang sepenuhnya. Selain itu, jika panasnya tidak merata, bakteri dapat tumbuh dan menyebar pada makanan.

 

  1.   Memanaskan makanan tanpa penutup

Penutup makanan tidak hanya akan mencegah makanan belepotan di dalam microwave, tetapi juga memastikan makanan Anda matang secara merata. Gunakan penutup makanan yang aman untuk microwave. Uap panas akan tertahan di dalam dan membantu mematangkan makanan.

 

  1.   Kemasan makanan yang salah

Mungkin Anda sering membeli makanan untuk dibawa pulang? Nah, jangan letakkan styrofoam, bungkus plastik, atau kantong kertas di dalam microwave. Microwave Anda tidak hanya memanaskan makanan, tetapi juga kemasannya. Barang-barang itu mungkin mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa masuk ke makanan saat dimasak.

Memang ada kemasan plastik yang cukup aman, tetapi Anda harus memastikannya bertanda “microwave-safe”. Jika memungkinkan, ganti saja wadahnya dengan wadah kaca atau keramik tahan-panas.

Meluangkan sedikit waktu untuk memindahkan makanan Anda ke wadah yang sesuai untuk memanaskan kembali akan lebih baik untuk kesehatan Anda. Dengan begitu, Anda yakin makanan dan unit microwave Anda tetap aman.

 

  1.   Benda berbahan logam

Selain itu, beberapa barang tidak boleh dimasukkan ke microwave karena dapat merusak dan membahayakan perangkat. Pastikan untuk mengeluarkan sendok dan benda apa pun yang berbahan logam dari microwave sebelum Anda menekan tombol “Start”.

Benda seperti aluminium foil, mug stainless steel, panci logam, dan peralatan makan dari perak dapat menyebabkan kerusakan pada microwave, bahkan dapat memicu kebakaran. Stainless steel menghalangi suhu tinggi yang seharusnya memanaskan kopi atau teh Anda sehingga dapat merusak microwave Anda.

 

  1.   Lupa Membersihkan

Apa akibatnya jika kita tidak membersihkan microwave selama sebulan saja? Ternyata banyak. Microwave Anda mungkin terlihat bersih. Tetapi, sebenarnya permukaannya tertutup partikel-partikel makanan yang dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri jika dibiarkan saja untuk waktu yang lama. Jadi, bersihkan microwave secara teratur sebelum Anda mencium bau apa pun.

 

  1.   Tidak mengaduk makanan

Anda perlu sesekali menggunakan tombol “Pause” dan menunda proses memasak. Mengapa? Agar Anda dapat mengaduk atau membalik makanan dingin sehingga dapat dipanaskan secara merata tanpa meninggalkan sedikit pun bagian yang dingin. Bagian yang dingin ini bisa menampung bakteri jahat yang dapat mengganggu kesehatan Anda.

Seperti diketahui, gelombang mikro pada microwave memanaskan permukaan makanan dengan sangat cepat, tetapi tidak cukup cepat bergerak menuju pusat makanan. Akibatnya, permukaan makanan bisa saja sudah sangat panas, tetapi bagian dalamnya masih sedingin es.

Jadi, yang terbaik adalah menghentikan proses memasak sejenak untuk memutar, membalik, atau mengaduk makanan. Itu memberi waktu agar panas bisa menjangkau seluruh bagian makanan dan memanaskannya secara merata

Nah, sekarang Anda tahu, meski dapat melakukan banyak hal dalam menyiapkan makanan, microwave tidak bisa menangani semuanya. Ada beberapa bahan makanan dan benda yang bisa membuatnya berantakan jika Anda masukkan ke dalam microwave. Sekarang, Anda dapat mulai menggunakan microwave dengan cara yang benar.

Hasan Putra
TradingIndo.com