Dinkes Catat 386 Ribu Anak Tangsel Akan Diimunisasi Campak Rubella

TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Mulai hari ini pemerintah serentak memberikan suntik vaksinasi campak Measles Rubella kepada anak-anak hingga bulan September 2017 mendatang. Di kota Tangerang Selatan (Tangsel), Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat mencatat terdapat 386.791 orang anak yang akan disuntik lewat sekolah, rumah sakit pemerintah dan swasta serta puskesmas. “Target sasaran imunisasi Measles Rubella untuk anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Tanpa memandang status imunisasinya,” ungkap Sekretaris Dinkes Tangsel,‎ Listya Windyarti di SDN 01 Pamulang, Selasa (‎1/8).

Lebih lanjut Listya mengatakan, pada Agustus ini sebanyak 458 petugas dari puskesmas akan keliling mendatangi 1.173 sekolah di Kota Tangsel. Sedangkan periode September terdapat 826 posyandu yang dibantu dengan 5045 kader, 29 puskesmas, serta 26 rumah sakit yang akan melayani imunisasi Measles Rubella.

Menurut Listya, logistik pelaksanaan kampanye Measles Rubella terdiri dari 37.091 vaksin beserta pelarutnya. 314.422 alat suntik 0,5 mililiter dan 37.092 alat suntik 5 mililiter.

Dilanjutkan, 152 Vaccine Carrier, 1.209 Pen Marker, format registrasi, pelaporan maupun KIPI, 26 rim leaflet,125 spanduk. “Telah dipersiapkan untuk didistribusikan ke puskesmas,” imbuhnya.

Sementara itu Walikota Tangsel, Airin Rachmy Diany mengatakan, tujuan pemberian imunisasi Measles Rubella adalah untuk merangsang terbentuknya imunitas atau kekebalan terhadap penyakit gondong, campak dan campak jerman. Manfaat imunisasi Measles Rubella dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit tersebut secara bersamaan. “Ini sesuai dengan program Nawa Cita Presiden Jokowi yang ingin membuat Indonesia sehat,” katanya. (nov)