Titiek Puspa Digaet Elly Kasim

ADA-ADA saja jika dua artis penyanyi terkenal bertemu. Gelak dan tawa mencuat. Rasa kangen karena sudah lama tak bersua terobati ketika berjumpa, malah mereka saling curhat, saling ejek dan saling menyanyi bersama.
Titiek Puspa, 80 tahun dan Elly Kasim, 73 tahun, yang sama-sama artis senior menumpahkan semua ceritanya di jaman dulu (jadul) di masa mudanya tatkala mereka baru pertama tampil di panggung hiburan.
“Mbak Titiek itu guru nyanyi saya. Tanpa beliau, saya enggak mungkin bisa begini,” lontar Elly kepada penulis.
Di tahun 60an, dalam sebuah ajang lomba seni suara, Elly unjuk diri dan salah seorang jurinya adalah Titiek Puspa.
“Gadis lincah ini karakter vokalnya hebat betul dan gayanya juga mengesankan. Makanya, sebagai juri, saya kasih nilai tertinggi buat dia,” aku Titiek tertawa.
 Alhasil, tak salah kalau dalam konser perdana Elly bertajuk ‘Menjulang Bintang – 57 Tahun Elly Kasim Berdendang’ yang digelar di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, baru-baru ini, Titiek digaet untuk berduet bersama Elly.
  Tidak tanggung-tanggung, Titiek dan Elly mendendangkan lagu-lagu pop Minang.
“Saya hafal liriknya, tapi enggak tahu artinya. Makanya, saya banyak bertanya kepada Elly, ini apa artinya dan dia menjelaskan detil. Saya suka lagu-lagu pop Minang, karena iramanya gembira dan pesannya sampai ke kita,” tutur Titiek.
Misalnya lagu ‘Ayam den Lapeh’ (Ayam Saya Lepas) dan ‘Bareh Solok’ (Beras Solok), Titiek hafal benar liriknya. “Kalau saya show ke Padang, saya paling suka menyanyikan lagu ini. Daripada duduak tamanuang, mari kito basamo menyanyi lagu Ayam den Lapeh,” lanjut Titiek sembari mengucapkan beberapa patah kata bahasa Minang. Ada 17 lagu yang digebrak Elly.
“Saya juga mengajak Judika Sihotang, meski dia dari Batak tapi amboi… ketika menyanyikan lagu Minang bertajuk ‘Bapisah Bukannyo Bacarai’, pas benar, sampai saya terpukau. Juga B3, Rancak Voice dan 3 penyanyi dari Minang. Semuanya tamu spesial saya di konser saya,” papar Elly lagi..
Menggaet penyanyi senior dan penyanyi junior ada sebabnya. Dikatakan Elly, partner duetnya dulu sudah almarhum semua, dari Nuskan Syarief, lalu Tiar Ramon dan terakhir Yan Bastian.
“Alhamdullilah…saya masih hidup lho…,” celetuk Titiek. Semua yang mendengarkan canda Titiek, tertawa lepas. Termasuk Elly sendiri. Konser ini disaksikan oleh wakil presiden Jusuf Kalla dan nyonya dan beberapa pejabat serta beberapa perwakilan dari negara sahabat.
Semoga diberi panjang umur deh eyang Titiek Puspa dan tante Elly Kasim yang acap dipanggil Elly Kasyiam oleh Titiek. (pik)