DEPOK (Bisnis Jakarta) -Dinas Perhubungan (Dishub) siap mengerahkan 20 personel untuk mengamankan pawai piala berkat keberhasilan Kota Depok meraih Adipura di tahun 2017. Puluhan personel Dishub akan diturunkan, saat Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengarak Piala Adipura berkeliling Kota Depok, Rabu, 2 Agustus 2017.
Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Depok, Akhmat Zaini, mengatakan sebanyak 20 personel disiapkan untuk mengawal kegiatan tersebut. Mereka akan berjaga di sejumlah lokasi rute pawai agar arus lalu lintas (lalin) tetap lancar. “Kami akan letakan petugas di titik-titik rute pawai yang diperlukan, sehingga lalu lintas tetap lancar dan kondusif selama pawai berlangsung,” katanya, Selasa (01/08).
Dikatakan Zaini, dalam pengamanan pawai, pihaknya juga dibantu personel dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP dan Polresta Depok.  Hal tersebut agar pelaksanaan pawai Piala Adipura dapat berjalan kondusif tanpa hambatan. “Polresta Depok dan Satpol PP juga telah menyiapkan petugas untuk membantu penjagaan selama pawai berlangsung,” tuturnya.
Lebih lanjut, terkait rute yang bakal dilalui oleh pawai, diawali dari Tol Cijago, Cisalak menuju Simpangan Depok, lalu berbelok ke arah Jalan Siliwangi. Setelah itu masuk ke Jalan Raya Margonda, Jalan Arief Rahman Hakim, Jalan Nusantara menuju ke Sawangan. “Dari Sawangan ke Cinere, kemudian ke Gandul arah Gong Si Bolong. Lalu ke Beji dan kembali lagi. Nantinya akan berakhir di Balai Kota Depok,” jelasnya.
Sementara itu, Kanit Dikyasa Satlantas Polresta Depok, AKP Rasman mengatakan, pihaknya akan kerahkan 60 personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Depok dibantu jajaran Polsek setempat untuk pengamanan pawai Piala Adipura keliling Kota Depok. Menurutnya, tak ada pengaman khusus untuk penjagaan, karena pelaksanaan pawai merupakan wujud suka cita Kota Depok meraih Piala Adipura, tentu warga juga harus merasakan kegembiraan tersebut. “Kami hanya membantu menertibkan kendaraan saja, karena beberapa rute yang dipakai merupakan jalan utama,” jelasnya, Selasa (01/08).
Lebih lanjut, ucap Rasman, sebelum pelaksanaan pawai, Satlantas akan menyisir jalan yang digunakan, serta mengatur lalu lintas (lalin) supaya tidak terjadi kepadatan kendaraan saat pawai. “Kami akan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP untuk menetralisir jalan yang dilalui pawai,” katanya.(jif)