257 Ribu Anak di Kota Bogor Divaksin Rubella

IMUNISASI RUBELLA – Seorang anak di SDN Cibadak, Kota Bogor saat disuntik vasin MR oleh petugas kesehatan setampat. Kamis, (03/8/17)

BOGOR (Bisnis Jakarta) Sebanyak 350 pelajar di Sekolah Dasar Negri (SDN) Cibadak, Kota Bogor mendapat vaksinasi Measles Rubella (MR), dari para petugas Dinas Kesehatan, Kota Bogor. Kamis, (03/08/17).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, dr. Rubaiah mengatkan bahwa pemberian vasinasi MR kepada para murid SD di kotanya tersebut merupakan program nasional dalam upaya mewujudkan target Indonesia Sehat bebas rubella pada tahun 2020.

“Vaksinasi MR kepada seluruh anak usia 09 bulan -15 tahun ini merupakan programnya Pemerintah Pusat yang dilaksanakan serentak selama bulan Agustus ini di seluruh wilayah Indonesia,” terangnya.

Di Kota Bogor sendiri, program vaksinasi MR pada bulan Agustus ini akan menyasar 257.276 anak, mulai PUD,TK,SD dan lembaga pendidikan anak lainnya. “Vaksinasi MR ini penting dan harus diberikan kepada seluruh anak, termasuk juga anak-anak jalanan agar mereka juga terhindar dari penyakit campak dan rubella,” tegasnya.

Sadar akan pentingnya program vaksinasi MR bagi seluruh anak di kotanya, maka dinas kesehatan mengaku akan terus melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan dinas dan lembaga terkait lain demi suksesnya program tersebut. “Kita harapkan para orang tua yang saat ini anaknya belum divaksin, segara datang ke Puskesmas terdekat. Vaksinasi ini gratis alias tidak ada biaya. Kita juga terus informasik ini kepada seluruh kader kesehatan, para RT/RW agar mau menginformasikan program ini kepada warganya,” imbaunya.

Kegiatan vaksinasi MR di lokasi SDN Cibadak, Kota Bogor seniri dimulai pada pukul 08.00-11.30 WIB. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 350 siswa dari kelas 1 sampai kelas 6. “Seharusnya hari ini ada 370 anak yang divaksin. Tapi karena ada sesuatu dan lain hal (sakit dan lainnya) maka anak-anak tersebut akan menyusul nati pada hari Sabtu divaksinnya,” terang Kusnia, salah satu guru pendamping. (bas)