Depok Bentuk Tim Reaksi Cepat Kekerasan Anak

DEPOK – Untuk menghadapi dan menyelesaikan kasus kekerasan pada anak, Sekretaris 1 Gugus Tugas Kota Layak Anak, Elly Farida, mendeklarasikan berdirinya Tim Reaksi Cepat (TRC) Jelajah Cepat Isu Kekerasan Anak Indonesia (TRC JETSKI). Dengan kehadiran TRC JETSKI, laporan tindak kekerasan pada anak bisa langsung ditindaklanjuti.

“Kekerasan yang dihadapi anak umumnya tidak hanya berupa kekerasan fisik saja, tetapi ada juga yang psikis. Bahkan, pelaku bukan hanya orang luar atau tidak dikenal, namun terkadang juga berasal dari lingkungan terdekat,” ujar Elly Farida, saat deklarasi TRC JETSKI di Lapangan Balaikota Depok, Kamis (03/08).

Dikatakannya, TRC JETSKI hadir untuk anak di Kota Depok. Dengan begitu, jika ditemui kasus kekerasan pada anak bisa langsung melapor. Pihaknya mempersilakan siapa saja melapor ke TRC JETSKI, baik guru, orang tua, maupun tetangga apabila mendapati hal yang terkait kekerasan maupun pelecehan yang menimpa anak-anak. “Hotline kami 112, dan telepon 081318122998. Masyarakat bisa melaporkan apabila melihat kejadian kekerasan pada anak yang ada di sekitarnya,” katanya.

Dirinya menambahkan, anggota TRC JETSKI ini terdiri dari berbagai perwakilan seperti, Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Dinas Kesehatan (Dinkes), Pekerja Sosial Sakti, DPAPMK Kota Depok, Satgas Srikandi Polresta Depok, TP PKK Kota Depok, Forum Anak, serta Forum Kota Layak Anak (FOKLA).

“Dengan tim ini kita harapkan dapat bergerak dan membantu penanganan anak-anak yang sedang dilanda masalah akibat terjadinya kekerasan. Kelak perolehan penghargaan KLA meningkat dari nindya menjadi utama,” tandasnya.