JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Seorang seniman dan budayawan Betawi, Husain, sedang menyiapkan pertunjukan besar asal Betawi untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Pekayon, Bekasi Selatan, Jawa Barat.

Husain (40) mengatakan, dirinya beserta anak-anak didiknya sedang menyiapkan sebuah pertunjukan besar untuk memperingati Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia. Rencananya, mereka akan menampilkan budaya asli Betawi yaitu Lenong atau lawakan asal Betawi, iring-iringan Gambang Kromong musik Betawi, Ondel-Ondel, dan parade seni lainnya. “Persiapan sudah mencapai 90 persen untuk menyambut Hari Kemedekaan 17 Agustus,” kata Husain.

Husain mengaku sangat semangat terhadap peringatan hari kemerdekaan, sehingga ia berencana membuat sebuah pertunjukan di Pekayon, Bekasi, Jawa Barat. Selain itu, Husain biasa melayani keperluan pernikahan, sunatan, dan hari ulang tahun Kota Jakarta dan Bekasi.

Tema yang Husain ambil untuk peringatan Hari Kemerdekaan Ke-72 adalah Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai warga Betawi asli, Husain tidak ingin budayanya mudah dilupakan di zaman modern.

Husain dan anak didiknya terus berlatih setiap minggunya, meskipun 17 Agustus masih dua minggu lagi. “Untuk tema, biasanya kita juga menambahkan perkembangan negara kita saat ini, seperti harga bahan pokok dulu murah sekarang melonjak mahal,” kata Husain.

Untuk melestarikan dan memperkenalkan seni dan budaya Betawi kepada masyarakat, Husain membuka sebuah Galeri Budaya Betawi sejak 18 Oktober 2014 di Pekayon, Bekasi Selatan. Husain bertekad mengangkat budaya Betawi kepada masyarakat di zaman modern ini.

Di Galeri Budaya Betawi tersebut, tersedia pakaian-pakaian adat asli Betawi untuk anak-anak hingga dewasa, alat-alat musik Gambang Kromong, Ondel-Ondel, dan beraneka peralatan asli adat Betawi. Husain menambahkan bahwa galerinya tidak menyewakan pakaian adat Betawi karena berharap setiap orang memiliki pakaian adat dan tidak hanya sewa sekali pakai.

Harga satu set pakaian adat Husain seharga Rp400.000 hingga Rp600.000 untuk dewasa model Si Pitung. “Saya berharap setiap orang yang datang ke Tanah Betawi dan daerah Bekasi bisa membawa oleh-oleh yaitu tertanam rasa cinta budaya, khususnya budaya Betawi,” kata Husain. (grd/ant)