Siswa Jepang, Pelajari Ragam Budaya di Depok

DEPOK – Kota Depok diklaim menjadi daya tarik bagi para pelajar asal Kagoshima, Jepang untuk mempelajari berbagai jenis budaya yang berkembang di kota tersebut. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok,  Mohammad Thamrin menuturkan, siswa Jepang yang berkunjung ke Depok berjumlah 8 orang. Mereka terdiri dari 5 siswa SMP dan 3 siswa SMA. Dalam kunjungan tersebut, Disdik Kota Depok juga memperkenalkan budaya asli Indonesia kepada para pelajar Jepang tersebut.
“Kebudayaan Indonesia yang kami perkenalkan mulai dari gamelan, angklung, tari-tarian, dan juga mengajari mereka cara membatik,” tutur Thamrin saat menerima kadatangan pelajar dari Kota Kagoshima, Jepang, di SMPN 2 Depok.
Thamrin berharap, kunjungan dari Jepang tersebut bisa memberikan motivasi kepada para siswa di Kota Depok untuk selalu meningkatkan kemampuan diri, terutama di era globalisasi seperti saat ini. “Kunjungan pelajar Jepang bisa memberikan motivasi ke depan, karena sekarang adalah era globalisai jadi kita perlu mempersiapkan diri terutama bahasa asing. Tentunya tetap mempertahankan adat istiadat yang ada di negara kita,” jelasnya.
Sementara itu, perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Kagoshima, Takahiro Tajima mengungkapkan, kunjungan ke Kota Depok yang pertama kali. Dirinya sangat mengapresiasi sambutan yang hangat dari para pelajar SMPN 2 yang antusias menerima rombongan.
“Kami senang bisa berkunjung ke Kota Depok. Banyak pengalaman yang diperoleh mulai dari tari-tarian,  alat musik, dan juga belajar membatik. Sungguh pengalaman yang luar biasa. Kami berharap suatu hari nanti pelajar dari Kota Depok bisa berkunjung ke Kota Kagoshima,” pungkasnya.(jif)