DKI-Moskow Tanda Tangani Kerja Sama Sister City

JAKARTA (Bisnis Jakarta)– Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat memimpin Tim Promosi Terpadu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan lawatan kerja ke Moskow, Rusia. Rombongan disambut oleh Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan pejabat Pemerintah Kota Moskow di Bandara Internasional Domodedovo, Moskow.

Di hari yang sama, rombongan mengawali lawatan dengan melakukan kunjungan ke Traffic Management Centre Kota Moskow yang berfungsi sebagai pengendali seluruh aktivitas kota khususnya kondisi lalu lintas.

Di sana, rombongan mendapat beberapa pelajaran tentang manajemen lalu lintas kota, di antaranya memasang 150 ribu unit cctv yang terintegrasi dan dikontrol secara langsung melalui Traffic Management Centre. Informasi lalu lintas yang dapat diakses oleh warga antara lain: pergerakan transportasi umum seperti bus, tram dan taksi; informasi real time mengenai kemacetan lalu lintas dan pekerjaan perbaikan jalan di sektor tertentu; dan aplikasi sensor yang mampu mendeteksi pelanggaran lalu lintas dan sistem tilang otomatis.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Moscow Central Circle, yaitu jalur MRT yang terintegrasi dengan seluruh moda transportasi publik di seluruh Kota Moskow termasuk sistem ticketing-nya. Moscow Central Circle dibangun untuk mengurangi kepadatan yang dialami di semua jalur MRT existing.

Fasilitas yang disediakan Moscow Central Circle antara lain park and ride gratis, retail, akses bagi penyandang disabilitas, dan diperbolehkannya komuter pesepeda untuk menaikkan sepedanya ke dalam gerbong. Terdapat sekitar 10 juta komuter pengguna Metro di Moskow setiap harinya.

Setelah itu Gubernur Provinsi DKI Jakarta beserta delegasi dan Wakil Duta Besar RI untuk Federasi Rusia, Lasro Simbolon mengunjungi Balai Kota Moskow untuk menandatangani Memorandum Kerja Sama Sister City antara Pemerintah Kota Moskow dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Periode 2017-2019.

Penandatanganan yang dilakukan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat dan Wali Kota Moskow, Sergey Sobyanin meliputi bidang prioritas seperti, preservasi dan popularisasi situs-situs kebudayaan, pembangunan dan pengelolaan system transportasi umum perkotaan, pendidikan dan pelatihan profesional, kebudayaan, olahraga, dan pariwisata.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Moskow dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta menyatakan komitmennya menindaklanjuti naskah MoU tersebut melalui tukar menukar kunjungan para pejabat teknis dan tenaga ahli di bidang-bidang yang disepakati.

Gubernur DKI Jakarta juga menekankan pentingnya peningkatan kerja sama di bidang manajemen transportasi, pengolahan sampah, dan olahraga. (son)