Mourinho Incar Gelar Piala Super Eropa Pertamanya

LONDON (Bisnis Jakarta) – Manajer Manchester United Jose Mourinho dapat mendulang satu trofi Eropa yang belum pernah diraihnya saat timnya berhadapan dengan Real Madrid pada Selasa di Piala Euper UEFA pada Selasa, yang merupakan pertemuan kompetitif pertamanya dengan sang raksasa Spanyol sejak mereka berpisah pada 2013.

Mourinho, yang timnya menjuarai Liga Europa musim lalu untuk sedikit mengobati musim pertama yang mengecewakan di bawah asuhan pria Portugal ini, memimpin Real meraih gelar Liga Spanyol dengan rekor 100 poin dan memenangi Piala Raja Spanyol pada masa kerjanya antara 2010 sampai 2013.

Bagaimanapun, pencapaian-pencapaiannya di Santiago Bernabeu dinodai dengan perselisihannya dengan sejumlah sosok penting di ruang ganti seperti Sergio Ramos dan Iker Casillas serta konfrontasi-konfrontasinya dengan sejumlah wasit dan lawan ditambah kegagalan untuk menjuarai Liga Champions, ketika Real kalah pada semifinal di tahun-tahun masa kerjanya.

Warisan Mourinho telah diperbarui dengan tiga kesuksesan klub Spanyol itu di Liga Champions dalam empat tahun terakhir sejak kepergiannya, meski pada wawancara terkini pria Portugal itu mengklaim bahwa ia harus “memohon” kepada dewan Real untuk membiarkannya pergi ke Chelsea.

Juara bertahan Liga Champions Real tidak akan diperkuat bintang sekaligus mantan penyerang United Cristiano Ronaldo di Skopje, Macedonia, di mana pemain internasional Portugal itu diizinkan terlambat mengikuti latihan pramusim setelah ia tampil di Piala Konfederasi.

Pasukan Zinedine Zidane menang 3-2 atas Sevilla melalui perpanjangan waktu pada tahun lalu untuk memenangi laga ini, dan sang pelatih asal Prancis menargetkan trofi Eropa keempat dalam kurang dari dua tahun masa kerjanya di Real, yang akan menyamai seluruh gelar Eropa Mourinho.

Rekrutan-rekrutan baru Sementara itu, United, tidak akan diperkuat dua bek tengah Eric Bailly dan Phil Jones yang menjalani skors, sehingga ada tempat lowong di tim inti untuk diisi oleh rekrutan baru Victor Lindelof.

Pemain Swedia itu merupakan satu dari tiga rekrutan yang didatangkan United sejauh ini bersama penyerang Belgia Romelu Lukaku dan gelandang jangkar Nemanja Matic, yang seluruh pemain baru itu total bernilai 146 juta pound ketika Setan Merah bertekad memperbaiki hasil mengecewakan berupa finis di peringkat keenam Liga Inggris musim lalu.

Real telah menambahi pemain-pemain muda menjanjikan dalam diri Theo Hernandez dan Dani Ceballos pada skuad penuh talenta mereka yang menjuarai Liga Spanyol dan Liga Champions musim lalu, meski harus berpisah dengan dua pemain menyerang Alvaro Morata dan James Rodriguez.

Bagaimanapun, minat mereka terhadap pemain muda Prancis Kylian Mbappe masih belum dapat direalisasikan. United menang adu penalti atas Real setelah bermain imbang 1-1 pada pertandingan persahabatan di Kalifornia bulan lalu, dan memenangi lima dari pertandingan-pertandingan pramusim mereka, di mana mereka hanya kalah dari Barcelona.

Di sisi lain, Real gagal memenangi keempat pertandingan persahabatan mereka di AS dalam rentang waktu 90 menit, kalah 2-3 dari Barca dan ditaklukkan 1-4 oleh Manchester City, satu-satunya kemenangan mereka adalah melalui adu penalti saat melawan tim All Star Liga AS. “Sensasi secara keseluruhan tidak bagus, ketika Anda tidak memenangi keempat pertandingan Anda ada sesuatu yang keliru,” kata Zidane kepada para pewarta setelah tur.

“Kami harus berbuat lebih banyak lagi, kami melakukan start buruk dengan hasil-hasil ini dan apa yang kami inginkan sekarang adalah pulang, beristirahat, dan memikirkan Piala Super.” (grd/ant)